Breaking News

Us (2019) – Kita Adalah Musuh Terburuk Bagi Diri Kita Sendiri

Review Us (2019)Sekitar tahun 1986, Adelaide merayakan ulang tahunnya bersama ayah dan ibunya di sebuah pasar malam. Adelaide kecil tampak murung dan pendiam. Ayahnya asyik bermain wahana di sana. Ibu Adelaide tiba-tiba ingin pergi ke toilet. Adelaide kecil berjalan pelan menuju ke pantai. Di sebuah sudut pantai, ada sebuah wahana rumah cermin. Dia penasaran dan masuk ke rumah cermin dan melihat bayangan dirinya di sana. Tapi, ada sebuah bayangan wajah mirip dirinya dan tampak nyata. Adelaide menjerit karena terkejut.
Selanjutnya Adelaide menjadi sosok gadis pemurung yang tak banyak bicara. Mereka menyewa psikolog namun tidak memberikan hasil yang maksimal. Kedua orang tua Adelaide sering berdebat dan tampak saling menyalahkan.
Bertahun-tahun kemudian di masa sekarang, Adelaide telah memiliki keluarga kecil. Pernikahannya dengan Gabe memberikan mereka dua orang anak, Zora dan Jason. Pada liburan musim panas, mereka menghabiskan waktu bersama di rumah danau keluarga mereka di Santa Cruz. 
Namun liburan mereka tampak menyeramkan dan Adelaide memang telah merasakan sesuatu yang aneh di sana. Suatu malam, di depan rumah penginapan Gabe, saat listrik dipadamkan, sebuah keluarga berdiri di sana. Gabe mengecek keluarga aneh itu. Tapi mereka dikejutkan oleh kenekatan keluarga itu untuk masuk ke dalam penginapa mereka. Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah keluarga itu merupakan kembaran mereka. Mereka semua memakai pakaian yang sama dan berwarna merah.
Di sinilah ketegangan dimulai saat orang yang mirip Gabe berusaha membunuh Gabe. Sedangkan orang yang mirip Adelaide, Red dengan terbata-bata menjelaskan kehadiran mereka di sana. Tujuan mereka adalah ingin menghabisi keluarga Adelaide. Red memberi instruksi kepada anak-anaknya untuk mengincar kembaran mereka. Zora dikejar-kejar oleh Umbrae dan Jason dibayang-bayangi oleh Pluto.
Malam yang mencekam itu seakan menjadi kiamat bagi keluarga Adelaide Wilson. Beruntung bagi mereka semua karena berhasil lolos dari maut. Gabe yang hendak dibuang ke tengah danau berhasil lolos dengan merebut boat. Zora juga berhasil lolos dari kejaran Umbrae. Begitu juga Jason yang berhasil mengelabui Pluto. Sedangkan Adelaide berhasil melepaskan diri dari Red. Mereka berkumpul kembali dan meminta pertolongan pada keluarga Josh. Tapi sayangnya, orang-orang yang mirip keluarga Josh dan berpakaian merah berada di sana. Mereka semua telah menghabisi kembarannya. 
Dengan sekuat tenaga keluarga Adelaide berusaha untuk mempertahankan nyawa mereka. Di sini, mereka berhasil membunuh orang-orang misterius itu. Dalam sebuah siaran televisi, Kota Santa Cruz sedang dilanda kekacauan dengan munculnya orang-orang berpakaian merah dan membantai para kembaran mereka di dunia nyata.
Dari mana para kembaran-kembaran misterius ini berasal? 
Adelaide dan Red bertemu kembali di ruang cermin dekat pantai. Setelah kekacauan-kekacauan terjadi yang menyebabkan Umbrae dan Pluto mati, Red menculik Jason. Alasan itulah yang membuat Adelaide mencari Red di ruang cermin. Red menceritakan dari mana asal muasal makhluk-makhluk misterius yang memiliki kembaran di dunia nyata.
Di ruang cermin terdapat lantai bawah tanah. Di sini hidup kembaran-kembaran manusia yang terbuang dan dikuasai oleh sesuatu kekuatan jahat, Thetered. Mereka hidup seperti kehidupan yang dialami oleh kembaran mereka. Thetered menguasai makhluk-makhluk ini dan memilih beberapa dari mereka untuk menjadi semacam prajurit pilihan. Mereka dipersiapkan untuk mendampingi makhluk lain dalam pembantai umat manusia. Pada waktu yang telah ditetapkan oleh Thetered, mereka muncul di dunia nyata dan menghabisi para manusia. Itulah yang sedang terjadi sekarang.
Setelah Red menceritakan asal usul makhluk berpakaian merah itu, Adelaide menjadi tidak terkendali. Dia melawan kekuatan jahat Red untuk membebaskan anaknya. Walaupun Adelaide berdarah-darah dan semakin lemah, dia termotivasi untuk menyelamatkan Jason. Dia berhasil melumpuhkan Red. Mungkin Red telah mati dan dia segera membebaskan Jason.
Di akhir kisah, Adelaide samar-samar kembali mengenang masa kecilnya. Dia ingat kelanjutan cerita dirinya setelah bertemu bayangan nyata dirinya di ruang cermin. Adelaide kecil pingsan melihat bayangan nyata dirinya. Lalu Red kecil membawa Adelaide ke ruang bawah tanah. Mungkin dia telah menyerahkannya kepada Thetered. Red kecil yang tak bisa berbicara menggantikan Adelaide. Red kecil keluar dari ruang cermin dan berkumpul bersama keluarga Adelaide.
Pemain
Nama Peran
Lupita Nyong’o Adelaide Wilson / Red
Winston Duke Gabe Wilson / Abraham
Elisabeth Moss Kitty Tyler / Dahlia
Tim Heidecker Josh Tyler / Tex
Shahadi Wright Joseph Zora Wilson / Umbrae
Evan Alex Jason Wilson / Pluto
Yahya Abdul-Mateen II Russel Thomas / Weyland
Anna Diop Rayne Thomas / Eartha
Cali Sheldon Becca Tyler / Io
Noelle Sheldon Lindsey Tylor / Nix
Madison Curry Adelaide Wilson Kecil / Red Kecil
Ashley Mckoy Adelaide Wilson Remaja / Red Remaja
Napiera Groves Dr. Foster
Lon Gowan Don
Alan Frazier Alan / Jeremiah
Duke Nicholson Danny / Tony
Dustin Ybarra Troy / Brand
Nathan Harrington Glen / Jack
Kara Hayward Nancy / Syd

Detil Film
Sutradara Jordan Peele
Penulis Jordan Peele
Genre Horror, Thriller
Durasi 116 menit
Rilis 8 Maret 2019
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Studio Universal Pictures
Rating IMDB 7.3

Catatan: cover film diambil dari situs IMDB

About Redaksi

Check Also

Dark Phoenix (2019) – Setiap Pahlawan Memiliki Sisi Gelap

Tahun 1975, Jean kecil dan keluarganya berada dalam sebuah mobil. Jean yang berumur 8 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *