Breaking News

The Wandering Earth (2019) – Menjauhkan Bumi dari Tata Surya

The Wandering Earth (2019) atau Liu lang di qiu adalah film yang berasal dari China bergenre science fiction. Film ini disutradarai oleh Frant Gwo yang mengisahkan tentang usaha untuk membawa bumi menjauh dari tata suryanya. Pada saat itu, matahari tampak sedang sekarat. Untuk menyelamatkan populasi manusia, bumi harus dikelurkan dari rotasi matahari. Namun, usaha itu tidak mudah. Banyak korban berjatuhan.

Review film The Wandering Earth (2019)
Cover film The Wandering Earth. Foto IMDB.

Detil Film

Judul Asli: Liu lang di qiu
Sutradara: Frant Gwo
Penulis: Gong Geer, Junce Ye, Yan Dongxu, Frant Gwo, Yang Zhixue dan Cixin Liu
Genre: sci-fi
Durasi: 125 menit
Negara: China
Bahasa: Mandarin, Inggris, Rusia, Prancis, Jepang, Korea
Rating IMDB: 6.9

Pemain

Nama
Peran
Jing Wu
Liu Peiqiang
Chuxiao Qu
Liu Qi
Guangjie Li
Wang Lei
Man-Tat Ng
Han Ziang
Jin Mai Jaho
Han Duoduo
Mike Kai Sui
Tim
Hongchen Li
Zhang Xiaoqiang
Jingjing Qu
Zhou Qian
Yichi Zhang
Li Yiyi
Haoyu Yang
He Lianke
Zhigang Jiang
Zhao Zhigang
Huan Zhang
Huang Ming
Jiayin Lei
Yi Ge
Arkadiy Sharogradskiy
Makalov
Hao Ning
Er Shu
Yi Yang
Yang Jie atau Liuzi
Marvin Bouvet
Resisten Prancis
Yesheng Chen
Pembantu Yi Ge
Gong Geer
Polisi A Stasiun Suplai
Hexuan Guo
Liu Qi Kecil
Zhuozhao li
Liu Qi Muda
Yang Lu
Sekuriti
Shinichi Takashima
Tim Penyelamat Jepang
Luoyi Tao
Guru SMA
Zhi Wang
Ibu Liu Qi
Xiaobei Zhang
Sopir Rail Car
Zixian Zhang
Huang Guosheng
Gianluca Zoppa
Astronot di Stasiun Luar Angkasa

Sinopsis

Liu Peiqiang harus menjalankan sebuah misi. Dia ditempatkan di stasiun ruang angkasa bersama astronot dari negara lain. Pada saat itu, keadaan matahari sedang sekarat dan itu berdampak bagi kehidupan di bumi. Seluruh negara kemudian membangun sistem navigasi untuk memindahkan bumi dari orbitnya. Liu Peiqiang harus meninggalkan anaknya yang masih kecil, Liu Qi dan dia harus tinggal bersama kakeknya.

Ketika Liu Qi sudah beranjak dewasa, suatu hari dia mengajak adik perempuannya, Han Duoduo untuk bolos dari sekolahnya. Dia dan adiknya berencana untuk keluar dari bawah tanah hanya untuk melihat dunia luar. Untuk keluar dari ruang bawah tanah, mereka harus memiliki kartu identitas. Jadi, tidak sembarang orang bisa keluar dari ruang bawah tanah yang digunakan sebagai tempat perlindungan. Han Duoduo mendapatkan kartu identitas ilegal dari agen-agen liar. Setelah melewati keamanan, Liu Qi dan Han Duoduo menaiki sebuah mobil rail. Untuk menghidupkan mobil rail, mereka juga harus memiliki izin. Namun, Han Duoduo telah mencuri kartu milik kakeknya untuk bisa menjalankan mobil itu. Kakeknya adalah salah satu sopir mobil rail.

 Liu Qi dan Han Duoduo ditangkap oleh polisi karena membawa mobil rail tanpa izin. Mereka dijebloskan dalam penjara dan di sana mereka berkenalan dengan Tim. Saat kakek mereka ingin membebaskan cucu-cucunya dengan suap, kakek mereka malah dipenjara bersama mereka.

Tidak berapa lama kemudian, terjadi bencana yang dahsyat yang menyebabkan inti dari generator pemindah bumi mendadak mati. Ketika mesin ini mati, perjalanan bumi tidak terkontrol sehingga bumi akan menabrak planet Jupiter. Guncangan hebat terjadi. Namun, Liu Qi, Han Duoduo, kakeknya, dan Tim berhasil selamat dari reruntuhan gedung-gedung. Mereka bertemu dengan tim penyelemat yang akan memasangkan kembali inti generator agar bumi tidak menabrak Jupiter.

Saat-saat menegangkan terjadi. Tim yang akan memasangkan kembali inti generator pada sumbunya mengalami berbagai kesulitan. Beberapa anggota tim mati termasuk kakek Han Duoduo. Kematian kakek mereka menyebabkan Liu Qi ingin berpisah dari kelompok itu. Liu Qi dan Han Duoduo serta Tim memilih untuk pulang ke tempat asal mereka. Namun, mereka malah bertemu dengan sekelompok tim penyelamat lain. Di dalam mobil rail, seorang tim penyelamat ada yang masih hidup. Di dalam mobil itu juga terdapat sebuah inti generator yang akan dipasangkan pada sumbunya. Liu Qi akhirnya berubah pikiran. Dia juga merasa harus menyelamatkan bumi dengan memasangkan inti itu pada tempatnya agar orbit bumi dapat normal kembali.

Liu Qi bergabung kembali bersama tim penyelamat. Mereka bahu membahu untuk memasangkan kembali inti generator penggerak pada sumbunya. Dengan susah payah mereka berhasil menempatkan inti itu. Tapi cahaya yang ditimbulkan dari sana tidak mencapai keinginan yang diharapkan. Bumi masih terus mendekati Jupiter. Pada saat itulah Liu Peiqiang beraksi. Dia melepaskan pesawat di stasiun ruang angkasa. Namun pesawat itu tidak mendapatkan izin terbang. Dia berusaha merusak sistem komputer dengan membakar sebuah ruangan. Saat komputer mengalami error, dia membawa pesawat itu. Dengan kecepatan tinggi, pesawat itu menabrak lapisan di planet Jupiter. Sebuah ledakan hebat terjadi. Liu Peiqiang mengorbankan nyawanya agar orbit bumi dapat menjauh dari Jupiter.

Liu Peiqiang memang telah mati, tapi bagi Liu Qi, ayahnya adalah seorang pahlawan. Beberapa tahun kemudian, kehidupan di bumi kembali normal. []

About Redaksi

Check Also

Parasite / Gisaengchung (2019) – Kekeluargaan yang Salah Tempat

Film ini mengisahkan tentang dua keluarga yang berbeda. Keluarga pertama adalah keluarga miskin yang dikepalai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *