Breaking News

The Professor and the Madman (2019) – Kontribusi Orang Gila untuk Kamus Oxford

The Professor and the Madman (2019) adalah kisah nyata yang berdasarkan buku karangan Simon Winchester dengan judul The Surgeon of Crowthorne. Film biografi mengisahkan tentang usaha-usaha James Murray dalam menyusun sebuah kamus bahasa lengkap dengan narasi sejarahnya. Murray dibantu oleh relawan-relawan yang mengirimkan kosa kata dan sejarah maupun contoh penggunaan terhadap kata-kata yang akan disusun. Salah satu relawan yang membantu Murray adalah William Minor, seorang pasien sakit jiwa. Berkat bantuan Minor, kamus bahasa lengkap Oxford dapat disusun oleh Murray.

Review film The Professor and the Madman (2019)
Cover film yang menampilkan duet Mel Gibson dan Sean Penn. Foto: IMDB.

Detil Film

Sutradara: Farhad Safinia
Penulis: John Boorman, Todd Komarnicki, Farhad Safinia, dan Simon Winchester (penulis buku)
Genre: Biography, drama, mystery, thriller
Durasi: 124 menit
Negara: Irlandia
Bahasa: Inggris
Studio: Vertical Entertainment
Rating IMDB: 7.5

Pemain

Nama
Peran
Mel Gibson
Prof. James Murray
Sean Penn
Dr. William Minor
Natalie Dormer
Eliza Merrett
Jennifer Ehle
Ada Murray
Stephen Dillane
Dr. Richard Bryne
Eddie Marsan
Muncie
Ioan Gruffudd
Henry Bradley
Jeremy Irvine
Charles Hall
Aidan McArdle
Attorney Clarke
Adam Fergus
Alfred Minor
Brendan Patricks
Winston Churcill
Kieran O’Reilly
Ayah Minor
Bryan Murray
Henry Liddel
Brian Fortune
Ketua Board Member
David Crowley
Parfit
Joe McKinney
Pembantu Murray 1
Sean Duggan
Tom Coleman
Olivia McKevitt
Clare Merrett
Oengus Macnamara
Bailiff 1
Malcolm Freeman
Kolonel
Christopher Maleki
Joseph
Robert McCormack
Harold Murray
Shane Noone
George Merrett
Abigail Coburn
Elsie Murray
Nora Cooper
Hilda Murray

Jalan Cerita

Dokter William Minor berlari dalam kegelapan sambil membawa pistol. Dia adalah pensiunan dokter tentara. Seseorang telah mengejarnya, namun dia akan membela dirinya sampai mati. Orang yang mengejarnya selalu datang mengganggunya. Minor melihat seseorang berdiri di ujung jalan. Dia menembak orang itu yang kemudian lari menyelematkan diri. Minor berusaha mengejar orang itu untuk ditembak dari jarak dekat. Ketika orang itu terjatuh di depan sebuah pintu rumah, Minor menembak orang itu sampai mati. Ternyata orang itu bukanlah orang yang mengejarnya. Ketika pintu rumah terbuka, tampaklah seorang perempuan muda dan anak-anaknya. Mereka menangis histeris karena orang yang telah mati itu adalah suami dan ayah dari anak-anak itu.

William Minor ditangkap dan diadili. Karena kondisi kejiwaannya yang tidak stabil, dihukum penjara di sebuah rumah sakit jiwa. Tempat yang sungguh mengerikan. Keputusan juri untuk menjebloskan Minor ke sana menimbulkan pro dan kontra. Banyak pihak yang tidak senang dengan keputusan tersebut.

Di tempat yang lain, James Murray sedang menyaksikan pertandingan bola hoki. Anaknya bermain dalam sebuah tim. Murray dan istrinya memberi dukungan penuh kepada anak-anaknya. Mereka adalah contoh dari sebuah keluarga yang bahagia. Murray adalah seorang leksikografer yang belajar secara otodidak. Dia mampu menguasai beberapa bahasa di dunia ini. Dia juga mengetahui asal usul suatu kata. Sebuah proyek besar sedang dirancangnya.

Proyek James Murray menjadi perdebatan di kalangan ahli-ahli Universitas Oxford. Mereka menganggap bahwa Murray bukan sosok yang tepat untuk menyusun sebuah kamus bahasa lengkap. Mereka saja yang ahli dalam bidang ini tidak mampu menyusun dan mengumpulkan kata-kata bahasa Inggris yang sangat luas cakupannya. Tapi proyek Murray sangat didukung oleh seorang koleganya. Dia juga yang meyakinkan beberapa professor di Oxford. Akhirnya mereka menyutujui proyek James Murray.

Pada musim panas tahun 1884, Murray dan keluarganya pindah ke Banbury Road dekat Oxford. Kepindahan mereka untuk memudahkan proyek yang dibangun oleh Murray. Di sebuah ruangan, Murray dan relawannya mulai menyusun dan mengumpulkan kata per kata serta mencari asal usul dan sejarah penggunaan kata-kata tersebut. Mereka juga mengirimkan edaran yang diselipkan dalam buku-buku atau ditempelkan di dinding-dinding. Edaran itu berupa sumbangan kata-kata beserta asal usul dan sejarahnya.

Edaran itu dibaca oleh William Minor. Awalnya dia dihadiahkan sebuah buku oleh Eliza. Eliza adalah istri yang suaminya ditembak oleh Minor pada malam kejadian itu. Karena rasa berdosa dan bersalah, Minor memberikan gaji pensiunnya kepada keluarga Eliza. Awalnya Eliza menolak, namun keadaan keluarganya yang mulai kelaparan, Eliza menerima gaji pensiun Minor. Kehidupan keluarga Eliza semakin membaik. Bahkan Eliza kerap mengunjungi Minor hanya sekadar untuk memberikan buku. Dia mengetahui Minor suka akan buku dari Muncie, salah seorang penjaga penjara yang mengantarkan surat Minor kepada Eliza.

Nah, Minor menemukan edaran Murray. Dia termotivasi untuk membantu Murray. Ruangan penjaranya disulap menjadi sebuah ruang kerja. Minor meminta sejumlah buku kepada Muncie dan kepala rumah sakit jiwa. Dia dengan tekun mencari asal usul kata. Kemudian Minor mengirimkan kepada Murray.

Saat tim Murray menemukan jalan buntu untuk memecahkan beberapa kata, datanglah surat dan kertas kerja Minor yang membuat Murray dan timnya terpukau. Murray berterimakasih kepada Minor. Mereka pun saling membalas surat dan berbagi kosa kata baru.

Suatu hari, Murray mengunjungi Minor di rumah sakit jiwa. Murray mengira Minor adalah dokter di rumah sakit jiwa itu. Tapi dugaannya salah. Betapa kagetnya dia ketika mengetahui Minor adalah pasien di sana. Minor tidak tampak seperti orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Hubungan keduanya semakin akrab dan menyenangkan. Bahkan ketika edisi perdana dicetak yang hanya menampilkan kata-kata dari abjad A sampai ke abjad B, Murray mengirimkan satu eks langsung kepadanya saat Murray mengunjungi Minor.

Dewan direksi Oxford mengadakan pertemuan penting ketika kamus yang telah dicetak diyakini kurang lengkap. Salah seorang ahli yang ahli yang tidak menyenangi Murray memprovokasi dewan direksi tersebut. Menurutnya itu mutlak kesalahan Murray dan tim Murray harus dibubarkan. Itu adalah masa-masa suram bagi Murray.

Sama halnya dengan Minor. Dia juga mengalami masa-masa kelam. Ketika Eliza membawa anak-anaknya untuk menjumpai Minor, anak sulungnya menampar Minor. Masih berbekas luka di dalam dirinya ketika melihat ayahnya mati ditembak oleh Minor. Dia melihat langsung kematian ayahnya. Minor putus asa. Gangguan mental dan kejiwaannya meningkat. Kepala Rumah Sakit Jiwa memasukkannya dalam ruang isolasi. Minor menjadi hampa. Hubungan Minor dan Murray pun hancur karena Minor tidak ingin menerima siapa pun di sisinya.

Murray membutuhkan relawan cerdas seperti Minor. Dia pun berusaha mencari pertolongan untuk melepaskan Minor dari penderitaannya. Pihak rumah sakit jiwa bersikeras untuk tetap menahan Minor. Murray melihat situasi yang mencurigakan. Dia memohon kepada pengadilan untuk membebaskannya. Tapi dosa dan kesalahan yang dilakukan Minor sangat sulit untuk dimaafkan. Pengadilan menolak permohonan Murray. Akhirnya, Murray meminta bantuan langsung kepada Perdana Menteri, Winston Churcill.

Dokter William Minor akhirnya dideportasi ke negara asalnya, Amerika Serikat. James Murray sangat senang bisa mengakhiri penderitaan Minor di rumah sakit jiwa itu. Setelah kepergian Minor, Murray kembali melanjutkan proyek penyusunan kamusnya. Dia berhasil mengumpulkan ratusan ribu kata di kamusnya itu. []

About Redaksi

Check Also

Parasite / Gisaengchung (2019) – Kekeluargaan yang Salah Tempat

Film ini mengisahkan tentang dua keluarga yang berbeda. Keluarga pertama adalah keluarga miskin yang dikepalai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *