Breaking News

The Professor (2018) – Simpan Pelajaran Terbaik Anda untuk yang Terakhir

The Professor (2018) merupakan film drama yang dibintangi oleh Johnny Depp dan disutradarai oleh Wayne Roberts. Film yang dirilis pada tanggal 5 Oktober 2018 pada Zurich Film Festival di Swiss ini berkisah tentang seorang profesor yang divonis mengidap penyakit kanker paru-paru. Hidupnya tidak akan bertahan lama lagi. Sang profesor merahasiakan penyakit ini dari keluarga dan kolega kampusnya, kecuali pada satu orang.

Review film The Professor (2018)
Cover film The Professor (2018). Kredit foto dari IMDB.

Detil Film

Sutradara Wayne Roberts
Penulis Wayne Roberts
Genre Comedy, Drama
Durasi 90 menit
Rilis 5 Oktober 2018
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Studio Saban Films
Rating IMDB 6.9

Pemain

Nama Peran
Johnny Depp Richard
Rosemarie DeWitt Veronica
Odessa Young Olivia
Danny Huston Peter
Zoey Deutch Claire
Devon Terrell Danny
Linda Emond Barbara
Matreya Scarrwener Rose
Siobhan Fallon Hogan Donna
Paloma Kwiatkowski Mahasiswa
Kaitlyn Bernard Taylor
Michael Kopsa Dokter
Dion Riley Mahasiswa
Ken Kramer Profesor Emeritus
Keith MacKechnie Ed
Dolores Drake Istri Profesor Emeritus
Javier Lacroix Santiago
Marilyn Norry Sekretaris Henry
Farrah Aviva Lily

Jalan Cerita

Richard, seorang profesor di universitas telah divonis kanker paru-paru oleh dokter. Dunia seakan-akan menimpa kepalanya dan waktu untuk kehidupannya diprediksi tidak lama lagi. Richard berjalan lunglai dan berbicara ngawur tak karuan. Raut wajah strees tergambar di mukanya. Richard harus tabah menjalani penyakit yang dialaminya ini dan dia merahasiakan penyakit ini kepada istrinya, Veronica dan putri kesayangannya, Olivia.

Hubungan Richard dan Veronica sedang tidak baik. Veronica secara jujur mengungkapkan pada Richard bahwa dia telah selingkuh dengan Henry, presiden universitas di mana mereka sama-sama mengajar di sana. Richard tidak marah dan bisa menerima kenyataan itu. Olivia juga mengalami masalahnya sendiri. Dia secara terang-terangan mengaku sebagai lesbian. Richard lagi-lagi dapat menerima keadaannya, tapi tidak bagi Veronica.

Satu-satunya orang yang diberitahukan tentang penyakitnya adalah koleganya di kampus yang bernama Peter. Dia sedih mendengar berita buruk itu dan berusaha menolong sahabat baiknya untuk tidak stress. Tapi Richard malah menghabiskan sisa waktunya dengan mabuk-mabukan. Peter sendiri tidak bisa mencegahnya. Meskipun kondisi kesehatan Richard mengalami penurunan, tapi semangat mengajarnya di kampus tidak surut. Dalam sebuah kelas, dengan tegas dia membuat aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh mahasiswanya. Alhasil, hanya beberapa mahasiswa saja yang sanggup mengikuti aturan itu.

Metode Profesor Richard dalam mengajar agak lain. Dia membawa mahasiswanya ke tempat-tempat yang tak lazim, seperti bar atau di tempat terbuka. Richard juga memberi kebebasan bagi mahasiswanya untuk melakukan hal-hal yang juga tidak lazim, seperti merokok atau minum alkohol. Dia adalah profesor di bidang bahasa Inggris. Mahasiswa yang membuat tugas kuliahnya memang agak susah mendapatkan nilai yang baik, namun para mahasiswa tidak membencinya. Ada petuah-petuah bijak dalam kehidupan yang dapat dipetik dari obrolan bersama sang profesor.

Menjalani sisa-sisa hidupnya, Richard yang berusaha tegar akhirnya luluh juga. Dalam sebuah acara di universitas yang diinisiasi oleh pimpinan kampus, Richard memberikan ceramah terakhirnya di sana. Para hadirin yang semula merasa terganggu akhirnya terharu. Itu adalah momen yang manis bagi Richard. Semua orang bersimpati kepadanya, terutama Veronica.

Kematian tidak mungkin dihindari. Richard siap menghadapi kematiannya dengan tenang. []

About Redaksi

Check Also

Dark Phoenix (2019) – Setiap Pahlawan Memiliki Sisi Gelap

Tahun 1975, Jean kecil dan keluarganya berada dalam sebuah mobil. Jean yang berumur 8 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *