Breaking News

The Photographer of Mauthausen (2018) – Menyelamatkan Rol Film tentang Kejahatan Nazi

The Photographer of Mauthausen (El fotógrafo de Mauthausen) adalah film biografi berbahasa Spanyol dan Jerman tahun 2018. Film ini merupakan kisah nyata seorang fotografer yang ditawan di sebuah kamp Nazi, Mauthausen di Austria. Ia berusaha menyelamatkan rol film yang merupakan bukti-bukti kejahatan Nazi di penjara itu. Film ini dirilis pada tanggal 26 Oktober 2018 di Spanyol.

Review film The Photographer of Mauthausen (2018)
Salah satu cover film. Foto: IMDB.

Kredit Film

Sutradara: Mar Targarona
Penulis: Roger Danes dan Alfred Perez Fargas
Genre: Biography, drama, history
Durasi: 110 menit
Rating IMDB: 6.7

Pemain

Nama
Peran
Mario Casas
Francesc Boix
Richard van Weyden
Paul Ricken
Alain Hernandez
Valbuena
Adria Salazar
Anselmo
Eduard Buch
Fonseca
Stefan Weinert
Franz Ziereis
Nikola Stojanovic
Bonarewitz
Ruben Yuste
Rosales
Frank Feys
Popeye
Marc Rodriguez
Enfermero
Joan Negrie
Lejias
Luka Peros
Karl Schulz
Rainer Ramires
Poschacher

Jalan Cerita

Boix adalah seorang tahanan yang ditempatkan di kamp konsentrasi Nazi, Mauthausen. Dia berkebangsaan Spanyol. Boix adalah anak seorang tukang jahit yang menyenangi fotografi. Di penjara Nazi, Boix berkenalan dengan Paul Ricken yang merupakan seorang tentara Nazi dan juga fotografer yang mengabadikan momen-momen di penjara Mauthausen.

Ricken takjub dengan seni fotografi Boix. Dia mempercayakan Boix sebagai asistennya yang bekerja di studio fotografi. Boix mengabadikan momen kekerasan Nazi di penjara itu. Kadang-kadang hatinya memberontak karena sangat bertentangan dengan hati nuraninya. Tapi dia tidak bisa melakukan apa pun selain menuruti kehendak Ricken yang terlalu menyayangi dan melindungi Boix.

Setelah kunjungan perwira tinggi Nazi di kamp tersebut, Nazi sedang diguncang perang hebat. Melihat situasi yang menegangkan, Ricken atas perintah atasannya memusnahkan gulungan rol film yang berisi bukti-bukti kekejaman Nazi di penjara Mauthausen. Menyadari akan hal itu, Boix yang telah menyimpan beberapa gulungan rol film kejahatan Nazi berupaya untuk menyelamatkan gulungan rol film tersebut.

Rekan-rekan Spanyol Boix yang berada dalam penjara yang sama juga turut membantu Boix untuk mengamankan gulungan rol film tersebut dengan berbagai cara. Boix bersikeras untuk meloloskan rol film tersebut keluar dari Mauthausen agar dunia tahu bagaimana kejamnya perlakuan Nazi kepada para tahanan. Namun usaha Boix mengalami kendala dan hambatan. Seorang tahanan yang diseludupkan berhasil ditangkap kembali oleh Nazi. Padahal, tahanan itu membawa salah satu rol film tersebut. Akhirnya tahanan itu digantung.

Boix dan rekan-rekannya memanfaatkan celah-celah kecil untuk menyembunyikan rol film tersebut. Boix makin lama semakin gerah terhadap kejahatan Nazi. Dia memberontak kepada Ricken yang tidak berdaya menghadapi situasi tersebut. Puncak kemarahan Boix terjadi dalam studio Ricken. Dia menyerang Ricken secara membabi buta. Beruntung bagi Ricken, karena beberapa prajurit Nazi menangkap Boix. Dia diisolasi di ruangan khusus.

Dalam ruang isolasi, dia bertemu Valbuena yang berhasil mendapatkan gulungan rol film pada salah seorang tahanan. Valbuena menyerahkan rol film tersebut kepada Boix yang menyembunyikannya di ruangan isolasi tersebut.

Situasi pertempuran di luar menyebabkan Nazi terdesak. Tentara sekutu telah melumpuhkan Nazi sehingga berdampak juga terhadap kamp Mauthausen. Boix segera mengambil gulungan rol film yang disembunyikannya. Gulungan rol film tersebut merupakan saksi bisu kekejaman-kekejaman tentara Nazi di kamp Mauthausen, Austri. []

About Redaksi

Check Also

Lying and Stealing (2019) – Setiap Orang Menginginkan Potongannya

Ivan dan Elyse bertemu dalam sebuah acara pesta puisi yang digelar oleh seorang yang sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *