Breaking News

Stan & Ollie (2018) – Sebuah Biografi Pelawak Hollywood Era 50-an

Film Stan & Ollie adalah sebuah film biografi tentang karir Stan & Ollie yang merupakan komedian Hollywood pada tahun 30-an sampai 50-an. Film ini disutradarai oleh Jon S. Baird dan ditulis oleh Jeff Pope. Film ini ditayangkan perdana pada Oktober 2018 di BFI London Film Festival. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada 28 Desember 2018 dan di Inggris pada 11 Januari 2019. Film ini berfokus pada detail hubungan pribadi duo komedi sambil menceritakan bagaimana mereka memulai tur ruang musik yang melelahkan dari Inggris dan Irlandia selama tahun 1953 dan berjuang untuk mendapatkan film lain yang dibuat. Pada Golden Globe Awards ke-76, Reilly dinominasikan untuk Aktor Terbaik – Film atau Komedi Musikal, dan pada Penghargaan Film Akademi Inggris ke-72 film ini mendapatkan tiga nominasi, termasuk Film Inggris Terbaik dan Aktor Terbaik dalam Peran Utama untuk Coogan.

Review film Stan & Ollie (2018)
Cover film. Foto: IMDB.

Kredit Film

Sutradara: Jon S. Baird
Penulis: Jeff Pope, ‘A.J’ Marriot (terispirasi dari buku “Laurel & Hardy – The British Tours)
Genre: Biography, comedy, drama
Durasi: 97 menit
Studio: Sony Pictures Classics
Rating IMDB: 7.4

Pemain:

Nama Peran
Steve Coogan Stan Laurel
John C. Reilly Oliver Hardy
Shirley Henderson Lucille Hardy
Nina Arianda Ida Kitaeva Laurel
Rufus Jones Bernard Delfont
Danny Huston Hal Roach
Joseph Balderrama James Horne
John Henshaw Nobby Cook
Stewart Alexander Joe Schencnk
Toby Sedgwick Manajer Palladium
Rebecca Yeo Savoy
Stephanie Hyam Resepsionis Miffin

Jalan Cerita

Film dimulai pada setting tahun 1930-an di mana narator menjelaskan bahwa Stan Laurel dan Oliver Hardy adalah bintang komedi terbesar di Hollywood. Semua orang sangat suka menonton film-film mereka atau menonton mereka di gedung-gedung pertunjukan secara langsung.

Stan mengalami masalah dengan Hal, produser mereka. Stan ingin agar gaji mereka dinaikkan, tapi Hal tidak setuju. Sayang bagi Stan, dia dipecat oleh Hal seiring dengan habisnya kontrak kerja mereka. Berbeda halnya dengan Ollie, dia masih terikat kontrak dengan Hal. Jadi, tidak ada alasan baginya untuk meninggalkan Hal. Setelah Stan pergi, Ollie lebih banyak berduet bersama pelawak lainnya.

Enam tahun kemudian, Stan dan Ollie bersama lagi. Namun, usia mereka tidak lagi muda. Mereka berdua akan melakukan tur keliling Inggris dan Irlandia selama tahun 1953. Mereka memulai tur dari nol, yakni dari teater-teater (gedung pertunjukan) kecil yang minim penonton.

Benar saja! Penonton hanya sedikit sekali dan banyak bangku yang masih kosong. Tentu hal ini membuat Stan & Ollie kecewa. Tapi Bernard Delfont, penghubung mereka selama di Inggris berusaha meyakinkan Stan & Ollie. Mereka harus memulai dari yang kecil terlebih dahulu. Namun ada cara lain untuk menarik perhatian publik, yaitu membuat tingkah mereka bisa diekspos oleh jurnalis.

Yups. Mereka berhasil menarik perhatian publik. Jurnalis tertarik untuk mengabadikan momen mereka di tempat umum, seperti di jalan raya, atau ketika mereka menyambut kedatangan istri-istri mereka dengan tingkah khas kekonyolan Stan & Ollie.

Mereka akhirnya bisa bernafas lega. Pertunjukan selanjutnya selalu dipenuhi oleh penonton. Tidak ada lagi bangku kosong di sana. Bernard menganggap bahwa pertunjukan mereka telah mencapai kesuksesan. Tapi tidak bagi Stan. Stan berkali-kali meyakinkan Ollie agar mereka membuat film sendiri. Oleh karenanya, Stan mencari sponsor yang akan membantu mereka. Stan menghubungi Miffin dan meyakinkan Ollie bahwa Miffin suatu saat akan menonton pertunjukan mereka.

Namun Miffin membatalkan janjinya untuk membantu Stan dan membuat Stan kecewa sekali. Hal ini juga menyebabkan hubungan Stan & Ollie mengeruh. Parahnya lagi, Ollie mengalami sakit sehingga tidak bisa melanjutkan pertunjukan. Stan tampil di teater tanpa Ollie. Dia merasakan kehampaan. Pada satu penampilan, Stan memilih untuk tidak tampil di panggung tanpa Ollie. Penonton yang telah membeli tiket pertunjukan merasakan kekecewaan.

Kekecewaan publik akhirnya terbayar ketika Ollie sembuh. Stan dan Ollie saling meminta maaf dan mulai melakukan pertunjukan yang disambut sangat antusias oleh publik, meskipun Ollie masih kurang sehat.

Setelah tur di Inggris mereka melanjutkan tur ke Irlandia. Di atas kapal menuju Irlandia, film ini berakhir dengan suasana yang menggemberikan. []

About Redaksi

Check Also

Dark Phoenix (2019) – Setiap Pahlawan Memiliki Sisi Gelap

Tahun 1975, Jean kecil dan keluarganya berada dalam sebuah mobil. Jean yang berumur 8 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *