Breaking News

Spider-Man: Far from Home (2019) – Si Anak Pemalu yang Jauh dari Rumah

Sinopsis Spider-Man: Far from Home (2019)Setelah kejadian Avengers End Game, muncullah fenomena dengan apa yang dinamakan dengan “blip”. Blip adalah fenomena di mana jiwa-jiwa yang telah hilang kembali ke tubuh masing-masing, tapi proses kembalinya malah membuat seseorang menjadi beberapa tahun lebih tua. Memang tidak semua orang terkena dampak blip. Mau tidak mau, manusia harus menerima kenyataan blip ini. Bukankah mereka semua kembali dalam keadaan selamat setelah kejadian yang mengerikan, bukan?
Peter Parker muda kembali ke komunitasnya sebagai seorang pelajar pemalu setelah sebelumnya ikut berjuang bersama The Avengers untuk menyelamatkan dunia dari Thanos. Sosok Spider-Man adalah super hero yang diidolakan dalam komunitas Peter. Dia mendapatkan jadwal wawancara untuk menceritakan kisah perjuangannya. Bibinya, May Parker adalah sosok yang terus mempromosikan dirinya dalam acara-acara show.
Peter sejatinya adalah seorang pelajar pemalu yang juga menyukai gadis-gadis seusianya. Ada seorang gadis yang sangat disukai oleh Peter, yaitu MJ. Dibantu oleh teman dekatnya, Ned, Peter berusaha untuk mendekati MJ. Tapi Peter malu mengungkapkan perasaannya kepada MJ. Ya, sudah wajar jika anak seusianya merasa malu apalagi jika cintanya ditolak oleh sang gadis pujaannya. Tidak hanya Peter yang berusaha mendekati MJ. Banyak remaja lain yang berusaha untuk mengambil hatinya.
Tidak ada seorang pun yang tahu kalau Peter adalah super hero. Hanya Ned yang tahu tentang Peter dan Spider-Man-nya itu. Sekolah tempat Peter belajar mengadakan studi wisata ke beberapa wilayah di Eropa. Hal ini dimanfaatkan oleh Peter untuk berusaha mendekati MJ lebih dekat lagi. Tapi Nick Fury datang menganggu ketenangannya. Nick membutuhkan Spider-Man untuk menghadapi sebuah situasi yang sulit. Di sebuah tempat telah muncul makhluk mengerikan yang akan mengancam umat manusia. Walaupun makhluk berhasil diatasi oleh Mysterio, tapi Nick Fury tetap memanggil Peter untuk mencari tahu tentang makhluk misterius itu. Begitu juga mereka perlu tahu tentang Mysterio, sosok super hero baru yang memang masih misterius.
Peter yang berusaha menghindari Nick Fury benar-benar kesal. Apalagi Nick Fury mengikutinya sampai ke Eropa. Bahkan Nick Fury memberikan kacamata milik Tony Iron Man untuk mengaktifkan Edith, sebuah program yang dirancang oleh Tony untuk mengendalikan sebuah sistem persenjataan jarak jauh. Tony mewariskan Edith kepada Peter untuk dimanfaatkan dengan baik. Tapi Peter merasa bahwa dia tidak berhak menerima Edith, apalagi dia menganggap dirinya sebagai remaja yang masih tanggung.
Selama tur mereka di Eropa, Peter juga berkali-kali gagal mendekati MJ. Dia harus bersaing dengan Brad Davis yang juga mendekati MJ. Di London, makhluk misterius yang muncul dari sebuah sungai mengganggu tur mereka. Peter yang tidak membawa kostum Spider-Man berusaha untuk menyelamatkan orang-orang. Dia menggunakan topeng ala kadarnya untuk menutupi jati dirinya. Makhluk air itu menghancurkan gedung-gedung. Beruntung Mysterio menyelamatkan mereka semua. Mysterio berhasil mengalahkan makhluk itu. 
Kehadiran makhluk asing itu membuat Nick Fury bergegas mengadakan rapat penting bersama Peter. Dia juga mengajak Mysterio untuk memikirkan dari mana makhluk itu datang. Di tempat lain, makhluk itu juga menyerang rombongan tur Peter. Lagi-lagi Mysterio membantu mereka. Tapi kali ini dia bekerjasama dengan Peter yang mendapatkan kostum dari Nick. Kostum yang dirancang khusus agar tidak menyerupai Spider-Man.
Mysterio menjadi tumbal. Dia mengorbankan dirinya untuk membunuh makhluk api itu. Tapi Mysterio belum mati. Peter membawanya ke tempat yang aman. Peter dan Mysterio menjadi akrab. Mereka saling berdiskusi dan bertukar pikiran. Sampai suatu saat dia menyerahkan kacamata Edith kepada Mysterio. Ya, Peter menganggap bahwa Mysterio adalah orang yang cocok untuk memakai kacamata itu. 
Tapi Mysterio memiliki misi jahat. Dia menyusun skenario munculnya makhluk-makhluk jahat itu dan menjadi penyelamat hanyalah untuk mendapatkan warisan Tony itu dari tangan Peter. Setelah dia mendapatkan kacamata Edith, dia pun mengumpulkan timnya untuk melakukan aksi balas dendam terhadap Avengers. Mysterio sebenarnya adalah mantan karyawan Tony yang dipecat. Ada beberapa karyawan Tony yang sakit hati kepada Tony mengikuti jejak Mysterio. Jadi, mereka pun merancang drone multi dimensi untuk memunculkan bayangan makhluk jahat dengan efek visual yang terasa nyata. Makhluk-makhluk yang menyerang Peter selama ini hanyalah makhluk rekaan Mysterio. 
Peter baru menyadari hal itu ketika dia mendapat kesempatan untuk jalan bersama MJ di suatu malam. Menyadari hal itu, dia pun menghubungi Nick. Dia juga tahu bahwa teman-temannya pasti akan terancam. Saat di Berlin, situasi bertambah buruk. Mysterio menyerang teman-teman Peter. Namun sebelumnya, Mysterio telah membuat Peter menjadi super hero yang paling menyedihkan. Dia berhasil memanipulasi pikiran Peter dan menelantarkan Peter ke suatu tempat di Belanda.
Peter menyadari bahaya yang mengancam jiwa teman-temannya. Saat ini, orang yang bisa dipercayainya adalah Happy Hogan, pacar bibinya. Dia menghubungi Happy dan menjemput Peter di Belanda dengan jet pribadi. Di dalam jet itu, Happy telah membawa kostum Spider-Man.
Berkat bantuan Happy, Spider-Man kembali beraksi di Berlin. Dia bisa mengalahkan mesin-mesin drone milik Mysterio. Tapi Mysterio memiliki Edith. Dia pun mengendalikan senjata mematikan untuk melumpuhkan Spider-Man. Peter adalah super hero yang sulit dikalahkan. Dia memiliki pengalaman yang cukup sehingga membuat Mysterio kewalahan. Dengan instingnya, Peter berhasil mengalahkan Mysterio dan mengambil kembali kacamata Edith dari tangan Mysterio.
Pemain
Nama Peran
Tom Holland Peter Parker / Spider-Man
Samuel L. Jackson Nick Fury
Jake Gylenhaal Quentin Beck / Mysterio
Marisa Tomei May Parker
Jon Favreau Happy Hogan
Zendaya MJ
Jacob Batalon Ned Leeds
Tony Revolori Flash Thompson
Angourie Rice Betty Brant
Remy Hii Brad Davis
Martin Starr Tuan Harrington
J.B. Smoove Dell
Jorge Lendeborg Jr. Jason Ionello
Cobie Smulders Maria Hill
Numan Acar Dimitri

Detil Film
Sutradara Jon Watts
Genre Action, Adventure, Sci-Fi
Durasi 129 menit
Rilis 2 Juli 2019
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris, Italia, Ceko
Studio Sony Pictures
Rating IMDB 7.8

Catatan: cover film diambil dari situs IMDB

About Redaksi

Check Also

Parasite / Gisaengchung (2019) – Kekeluargaan yang Salah Tempat

Film ini mengisahkan tentang dua keluarga yang berbeda. Keluarga pertama adalah keluarga miskin yang dikepalai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *