Breaking News

Review: Vice (2018)

Poster Vice, sumber IMDB

Sutradara
Adam McKay

Pemain
Christian Bale, Amy Adams, Steve Carell, Sam Rockwell, Tyler Perry, Alison Pill

Genre
Drama

Durasi
132 menit

Rating IMDB
7.2

SINOPSIS

Vice dinarasikan oleh Kurt, seorang veteran fiktif Perang Afghanistan dan Irak. Film ini dibuka dengan Dick Cheney dan pejabat Gedung Putih lainnya serta staf menanggapi serangan 11 September 2001. Film ini kemudian kembali ke Wyoming pada tahun 1963, di mana Cheney harus berjuang dengan alkohol yang menyebabkan dia keluar dari Universitas Yale. Setelah Cheney dihentikan oleh seorang polisi lalu lintas karena mengemudi sambil mabuk, istrinya Lynne Cheney meyakinkannya untuk membersihkan hidupnya. 

Film ini berlatar tahun 1969 ketika Cheney mendapat pekerjaan sebagai staf magang Gedung Putih selama Pemerintahan Nixon. Bekerja di bawah penasihat ekonomi Nixon, Donald Rumsfeld, Cheney menjadi operasi politik yang cerdas ketika ia menyulap komitmen pada istri dan anak perempuan mereka, Liz dan Mary. Cheney sengaja mendengar Henry Kissinger mendiskusikan pemboman rahasia di Kamboja dengan Presiden Richard Nixon, mengungkapkan kekuatan sebenarnya kepada Cheney. Sikap kasar Rumsfeld menyebabkan dia dan Cheney menjauh dari Nixon, yang menguntungkan kedua pria itu; setelah pengunduran diri Nixon, Cheney naik ke posisi Kepala Staf Gedung Putih untuk Presiden Gerald Ford sementara Rumsfeld menjadi Sekretaris Pertahanan.

Setelah Ford keluar dari kantor, Cheney menjadi perwakilan untuk Wyoming. Setelah memberikan pidato kampanye yang canggung dan tidak karismatik, Cheney menderita serangan jantung pertamanya. Sementara ia pulih, Lynne berkampanye atas nama suaminya, membantunya memenangkan kursi di DPR AS. Selama Pemerintahan Reagan, Cheney mendukung sejumlah kebijakan konservatif dan pro-bisnis yang mendukung industri bahan bakar fosil. Cheney selanjutnya menjabat sebagai Menteri Pertahanan di bawah Presiden George H. W. Bush selama Perang Teluk. Di luar politik, Cheney dan Lynne berdamai dengan putri bungsu mereka, Mary, keluar sebagai lesbian. Meskipun Cheney mengembangkan ambisi untuk mencalonkan diri sebagai presiden, ia memutuskan untuk pensiun dari kehidupan publik untuk menyelamatkan Mary dari pengawasan media.

Selama masa kepresidenan Bill Clinton, Cheney menjadi CEO Halliburton, sementara istrinya mengangkat golden retriever dan menulis buku. Epilog palsu mengklaim bahwa Cheney menjalani sisa hidupnya dengan sehat dan bahagia di sektor swasta dan kredit mulai bergulir, hanya agar film berlanjut.

Cheney diundang untuk menjadi calon wakil presiden George W. Bush selama pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2000. Menyadari bahwa Bush muda lebih tertarik untuk menyenangkan ayahnya daripada memperoleh kekuasaan untuk dirinya sendiri, Cheney menyetujui syarat bahwa Bush mendelegasikan tanggung jawab eksekutif “biasa”, seperti energi dan kebijakan luar negeri, kepadanya. Sebagai Wakil Presiden, Cheney bekerja dengan Sekretaris Pertahanan Rumsfeld, penasihat hukum David Addington, dan Kepala Staf, Scooter Libby, untuk melakukan kontrol terhadap kebijakan luar negeri utama dan keputusan pertahanan di seluruh Washington.

Film ini kembali bercerita tentang pasca serangan 11 September, ketika manuver Cheney dan Rumsfeld dimulai dan kemudian memimpin invasi AS ke Afghanistan dan Irak, yang mengakibatkan pembunuhan warga sipil dan penyiksaan tahanan. Ketika Perang Melawan Teror meningkat, Cheney terus berjuang dengan serangan jantung yang gigih. Film ini juga meliput berbagai peristiwa dari wakil presidennya, termasuk dukungannya terhadap teori eksekutif Kesatuan, perselingkuhan Plame, penembakan tak sengaja Harry Whittington, dan ketegangan antara saudara perempuan Cheney atas pernikahan sesama jenis. Tindakan Cheney terbukti menyebabkan ribuan kematian dan kebangkitan Negara Islam Irak, yang membuatnya menerima peringkat persetujuan yang rendah pada akhir pemerintahan Bush.

About Redaksi

Check Also

Dark Phoenix (2019) – Setiap Pahlawan Memiliki Sisi Gelap

Tahun 1975, Jean kecil dan keluarganya berada dalam sebuah mobil. Jean yang berumur 8 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *