Breaking News

Peranbu (2019) – Kesabaran Seorang Ayah

Peranbu (2019) adalah film India yang menggunakan bahasa India Tamil dan menerima ulasan positif sebagai sebuah film drama sedih. Film ini disutradarai oleh Ram dan dibantu oleh Amudhavan Karuppiah. Pemutaran perdana Peranbu dilangsungkan pada Festival Film International Rotterdam 27 Januari 2018 (dunia), sedangkan di tingkat Asia diputar di Festival Film International Shanghai, Cina pada 17 Juni 2018. Untuk bioskop, Peranbu ditayangkan pada tanggal 1 Februari 2019 (sumber: Wikipedia).

Review film Peranbu (2019)
Cover Peranbu. Foto: IMDB.

Kredit Film

Sutradara: Ram (sutradara utama), Amudhavan Karuppiah dan Anjana Krishnakumar (asisten sutradara)
Penulis: Ram dan Anjana Krishnakumar (penulis dialog dalam bahasa Malayalam)
Genre: Drama
Durasi: 147 menit
Studio: World Wide Films
Rating IMDB: 9.5

Pemain

Nama
Peran
Mammootty
Amudhavan
Sadhana
Paappa
Anjali Ameer
Meera
Pavel Navageethan
Babu
Livingstin
Pemilik Rumah
Vadivukkarasi
Ibu Amudhavan
Aruldoss
Kawan Amudhavan

Jalan Cerita

Amudhavan adalah seorang ayah tunggal bagi anaknya, Paappa yang mengalami cacat sejak lahir. Paappa sekarang berusia 14 tahun, seorang gadis kecil yang harus menghabiskan hidupnya dengan mengalami penyakit spastic. Amudhavan telah ditinggalkan oleh istrinya yang lebih memilih kawin lari dengan laki-laki lain. Paappa harus rela ditinggalkan oleh ibunya.

Film ini diberi bab per bab. Amudhavan harus merawat anaknya sendiri. Ibu Amudhavan dan saudara-saudara Amudhavan terusik dengan kecacatan Paappa. Orang-orang kampung juga demikian. Mereka tidak sanggup mendengar erangan dan raungan Paappa. Mereka terpaksa mencari tempat lain yang lebih sunyi.

Amudhavan membeli sebuah rumah di tempat terpencil, tempat di mana hanya mereka yang berada di sana. Untuk menuju ke tempat itu, mereka harus menyeberangi sungai kecil. Ada jembatan kecil juga yang menghubungkan rumah itu dengan darat. Di sini sangat sunyi. Tidak ada seorang pun yang akan mendengar teriakan Paappa.

Namun, kehidupan mereka diganggu oleh kehadiran mafia tanah di daerah itu. Mafia tanah ini ingin menguasai lahan-lahan seperti milik Amudhavan. Namun dia bersikeras tidak akan menjualnya dengan harga murah. Mafia tanah mencari cara untuk bisa mendapatkan lahan itu. Pembantu Amudhavan dibuatnya untuk mengundurkan diri dari mereka. Misalnya menghasut si suami pembantu yang menuduh istrinya berselingkuh dengan Amudhavan.

Amudhavan harus mengasuh anaknya yang cacat itu tanpa pembantu. Untuk menyenangkan hati Paappa, Amudhavan membeli kuda. Dia berharap kuda itu akan menemani anaknya. Pada suatu hari, ada seorang peremupan yang menawarkan dirinya untuk bekerja di rumah Amudhavan. Perempuan itu bernama Vijayalakshmi atau Lakshmi (Anjali). Awalnya Amudhavan meragukan Lakshmi. Tapi Paappa sangat senang dengan kehadiran Lakshmi. Perlahan-lahan Amudhavan juga bisa menerima kehadiran Lakshmi. Bahkan, benih cinta muncul dalam diri Amudhavan. Dan dia ingin menikahi Lakshmi.

Suatu hari, Amudhavan melihat Lakshmi bersama seorang pria di pinggir jalan. Lakhsmi berkilah bahwa pria adalah pamannya. Di hari yang lain, Amudhavan bertemu dengan Babu (orang yang dianggap sebagai paman Lakshmi) untuk datang ke rumahnya. Dia juga mengundang Babu menginap bersama mereka. Petaka muncul kemudian. Ternyata Babu adalah suami sah Lakshmi. Babu dan Lakshmi sedang memainkan drama atas suruhan mafia tanah agar Amudhavan menjual rumah tersebut kepada mereka. Dengan mengancam akan mengadukan Amudhavan ke polisi karena menikahi istri orang, Amudhavan harus menerima kesepakatan dengan mafia tanah. Dia menandatangi nota penjualan tanah kepada mafia tanah.

Amudhavan dan Paappa pindah ke kota. Mereka harus mengontrak kamar sempit dengan harga murah. Amudhavan juga bekerja sebagai sopir taksi. Paappa semakin hari semakin beranjak remaja. Orang-orang menganjurkan agar Paappa disekolahkan dan bergaul secara sosial dengan lingkungannya. Tapi Amudhavan malah mengunci Paappa ketika dia berangkat kerja.

Amudhavan membawanya ke dokter, tapi dokter juga menyarankan Paappa untuk bergaul secara sosial dengan orang-orang seusianya. Amudhavan menemukan sebuah panti yang mengasuh anak-anak seperti Paappa. Tapi panti tersebut justru menjadi tempat penyiksaan bagi anak-anak. Amudhavan tidak menyadari hal itu.

Pada suatu malam, dia mendengar seseorang berteriak. Dia menuju ke arah itu dan melihat seorang perempuan yang dipaksa berhubungan badan oleh seorang lelaki. Perempuan itu bernama Meera, seorang pelacur jalanan. Meera berterimakasih kepada Amudhavan yang juga telah mengantarnya pulang. Meera dan Amudhavan ternyata mulai berteman. Meera juga yang memberikan informasi tentang rumah murah. Setelah menemukan rumah murah, Amudhavan menjemput Paappa di panti asuhan. Amudhavan sangat marah ketika Paappa dipukul oleh penjaga panti. Dia memberikan pelajaran kepada mereka dan membawa Paappa pulang ke rumah baru.

Meera sering mengunjungi Paappa. Ia tampak senang dengan kehadiran Meera. Tapi Amudhavan tidak menyenanginya. Meera bahkan menyarankan Amudhavan untuk memberi keleluasaan kepada Paappa untuk bergaul. Suatu malam, Amudhavan membawa Paappa berjalan-jalan. Mereka sangat menikmati kebersamaan mereka. Ketika ingin pulang, Paappa menunjuk ke arah laut. Amudhavan berpikir bahwa Paappa ingin berenang. Dia menarik paksa Paappa untuk berenang bersamanya. Tapi Paappa ketakutan dan menangis. Tiba-tiba Meera datang dan menghardik Amudhavan. Meera memeluk erat Paappa.

Di bagian akhir film, Amudhavan tampak bahagia di sebuah rumah pedesaan. Amudhavan telah menemukan istri barunya, yaitu Meera, perempuan yang sangat mencintainya dan menyayangi Paappa seperti anaknya sendiri. Mereka hidup bahagia! []

About Redaksi

Check Also

Parasite / Gisaengchung (2019) – Kekeluargaan yang Salah Tempat

Film ini mengisahkan tentang dua keluarga yang berbeda. Keluarga pertama adalah keluarga miskin yang dikepalai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *