Breaking News

Parasite / Gisaengchung (2019) – Kekeluargaan yang Salah Tempat

Sinopsis film Parasite (2019)Film ini mengisahkan tentang dua keluarga yang berbeda. Keluarga pertama adalah keluarga miskin yang dikepalai oleh Ki Taek. Dan keluarga kedua adalah keluarga kaya raya yang dikepalai oleh Tuan Park. Keluarga Ki Taek hidup di sebuah rumah sederhana di kawasan kota yang bising, kumuh, dan tampak kotor. Ki Taek beristrikan Choong Sook yang setia menemani suaminya untuk menopang hidup dengan bekerja serabutan. Mereka memiliki dua orang anak yang cerdas dan pintar, namun mereka tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi karena tidak ada biaya pendidikan. Mereka adalah Ki Woo yang tampan dan Ki Jung yang cantik.
Suatu hari, sahabat Ki Woo, Min Hyuk mengunjungi keluarga itu. Min Hyuk menawarkan sebuah pekerjaan kepada Ki Woo untuk mengajar privat pada sebuah keluarga kaya raya. Min Hyuk harus melanjutkan program pertukaran pelajar sehingga dia tidak bisa lagi mengajar privat di keluarga kaya tersebut. Ki Woo menerima tawaran itu. Atas saran Min Hyuk untuk membuat ijazah palsu agar keluarga kaya tersebut yakin kepadanya, Ki Woo meminta bantuan adiknya Ki Jung untuk memanipulasi ijazah tersebut melalui program komputer. Hasilnya sungguh memukau. Ki Jung memiliki bakat seni yang luar biasa.
Dengan ijazah palsu itu, Ki Woo menuju ke rumah keluarga kaya itu. Dia disambut dengan baik oleh Yeon Kyo, istri sang tuan rumah. Ki Woo diharuskan untuk mengajar secara privat anak perempuan Yeon Kyo yang masih remaja, Da Hye. Tentu saja Da Hye sangat senang karena Ki Woo sangat tampan. Apalagi Ki Woo juga sangat cerdas dan mampu mengajarinya dengan baik. Dia pun mendapatkan upah harian yang sangat besar jumlahnya. 
Keluarga kaya itu juga memiliki seorang anak laki-laki yang masih kecil bernama Da Song. Yeon Kyo juga ingin anaknya itu mendapatkan seorang guru seni privat yang mampu mengajari Da Song yang agak bandel dan nakal. Lalu Ki Woo teringat adik perempuannya. Dia pun merekomendasikan adiknya itu untuk mengajar Da Song. 
Keesokan harinya, Ki Woo dan Ki Jung mengajar di rumah keluarga kaya tersebut. Uniknya, mereka berdua tidak mengaku sebagai abang dan adik pada keluarga tersebut. Mereka hanya ingin merahasiakan hubungan keluarga tersebut agar bisa leluasa bekerja pada keluarga kaya itu.
Hari berikutnya, Ki Jung diantar oleh sopir pribadi keluarga itu. Dia membuat sebuah skenario kecil untuk menjebak sopir itu agar dipecat. Dia membuka celana dalamnya dan menempatkan di bangku belakang mobil itu. Dan benar saja, Tuan Park melihat celana dalam itu dan melaporkan kepada istrinya. Beberapa waktu kemudian, sopir itu dipecat dan Ki Jung merekomendasikan ayahnya untuk menjadi sopir dalam keluarga kaya tersebut.
Ki Taek pun direkrut untuk menjadi sopir Tuan Park. Keluarga itu memiliki pelayan atau asisten rumah tangga yang sangat setia dan telah lama bekerja bersama mereka. Jadi, mereka ingin ibu mereka bekerja juga dalam keluarga kaya itu. Lalu mereka pun menjebak pembantu tersebut, Moon Gwang yang tampak alergi dengan buah persik. Mereka menempatkan kulit buah persik yang diiris halus ke pakaian Moon Gwang sehingga membuat Moon Gwang terbatuk-batuk. Ki Taek pun menceritakan tentang bahaya penyakit TBC kepada Yeon Kyo yang sangat mudah terpancing dengan cerita-cerita menyeramkan. Ketika melihat Moon Gwang yang terbatuk-batuk, dia pun memecat Moon Gwang dengan cara yang baik. 
Nah, Ki Taek lalu merekomendasikan istrinya untuk menjadi pelayan di rumah itu. Lengkap sudah perjuangan keluarga miskin itu untuk bekerja pada keluarga Tuan Park tanpa diketahui bahwa mereka semua adalah sedarah. 
Awalnya mereka menikmati pekerjaan tersebut. Namun, saat mereka berpesta di rumah Tuan Park yang sedang kosong karena keluarga Tuan Park pergi keluar kota, kekacauan pun terjadi. Moon Gwang kembali ke rumah itu. Dan di bawah ruang bawah tanah, suami Moon Gwang ternyata tinggal di sana dalam waktu yang sangat lama. Kekerasan terjadi yang menyebabkan Moon Gwang meninggal dan Ki Taek pun mengikat suami Moon Gwang. Ketika Tuan Park kembali ke rumahnya, keluarga Ki Taek bersusah payah untuk keluar dari rumah itu. 
Usai kekacauan itu, hujan turun dengan sangat lebat yang menyebabkan rumah Ki Taek tergenang air. Mereka berusaha menyelamatkan barang-barang mereka walaupun terlambat karena terjebak di rumah Tuan Park. Tapi rumah Tuan Park dan sekitarnya aman dari banjir. Keluarga Park tidak tahu bahwa telah terjadi banjir di kawasan lain. Malah mereka keesokan harinya ingin merayakan pesta ulang tahun Da Song. 
Tuan Park meminta bantuan Ki Taek dan Choong Sook untuk membantu mereka. Saat semuanya telah siap dan para tamu mulai hadir, tiba-tiba suami Moon Gwang muncul setelah sebelumnya Ki Woo masuk ke ruang bawah tanah untuk menemuinya, tapi Ki Woo malah dipukul sampai pingsan. Suami Moon Gwang merusak pesta itu dan menusuk keluarga Ki Taek. Ki Jung tampak sekarat. Saat suami Moon Gwang hendak menusuk Choong Sook, dia berusaha melawan. 
Da Song yang melihat tragedi itu pingsan. Tuan Park panik dan meminta agar Ki Taek mengambil mobil. Tapi Ki Taek bereaksi lambat karena keluarganya terluka parah. Dia dilema antara menyelamatkan keluarganya atau membawa Da Song ke rumah sakit. Tuan Park meminta kunci mobil. Namun kunci itu mengenai suami Moon Gwang yang tampak pingsan setelah bergelut dengan Choong Sook. Saat mengambil kunci, Tuan Park tidak sanggup mencium bau busuk dari tubuh itu. Saat itulah Ki Taek tersinggung karena Tuan Park pernah berkali-kali menyinggung bau badannya. Ki Taek pun menusuk Tuan Park dan melarikan diri.
Tragedi itu sangat memilukan. Tuan Park mati. Ki Jung juga mati. Ki Woo tak sadarkan diri. Ki Taek melarikan diri. Akhirnya keluarga kaya itu pindah dari rumah itu. Ki Woo dan Moon Gwang kembali ke kehidupannya. Mereka sempat dipenjara karena kesalahan mereka. Setelah bebas, Ki Woo pun mulai pulih dan sesekali kembali ke rumah itu. Dia melihat lampu belakang rumah berkedip-kedip sebagai bahasa isyarat Morse. Di situlah dia tahu bahwa ayahnya, Ki Taek masih hidup dalam buronan polisi dan masih bersembunyi di rumah itu.
Pemain
Nama Peran
Song Kang-Ho Ki-Taek
Jang Hye-Jin Choong-Sook
Choi Woo-Sik Ki-Woo
Park So-Dam Ki-Jung
Lee Sun-Kyun Tuan Park
Cho Yeo-Jeong Yeon-Kyo
Jung Ji-So Da-Hye
Jeong Hyun-Jun Da-Song
Lee Jung-Eun Moon-Gwang
Park Seo-Joon Min-Hyuk

Detil Film
Sutradara Bong Joon-Ho
Genre Comedy, Drama, Thriller
Durasi 132 menit
Rilis 21 Mei 2019
Negara Korea Selatan
Bahasa Korea
Studio Neon
Rating IMDB 8.6

Catatan: cover film diambil dari situs IMDB

About Redaksi

Check Also

Dark Phoenix (2019) – Setiap Pahlawan Memiliki Sisi Gelap

Tahun 1975, Jean kecil dan keluarganya berada dalam sebuah mobil. Jean yang berumur 8 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *