Breaking News

Notebook (2019) – Catatan Harian Sang Guru

Sinopsis film Notebook (2019)Kabeer Kaul adalah seorang mantan tentara yang pernah bertugas di perbatasan Kashmir. Dia memilih keluar dari tentara karena melihat seorang anak tewas terkena ranjau darat di perbatasan Kashmir. Dia merasa berdosa karena tidak berhasil menyelamatkan anak itu. Kabeer mendapat panggilan dari pamannya di suatu hari. Sang paman menawarkan kepadanya untuk mengajar di sebuah sekolah terpencil, Wular Public School. Sekolah di perbatasan Kashmir itu terancam ditutup oleh pemerintah karena tidak ada guru yang mau mengajar di sana. Kabeer menerima tugas itu bukan karena dia menyukai pekerjaan itu, tapi lebih daripada untuk menolong satu-satunya sekolah di daerah terpencil itu.
Untuk menuju sekolah itu dibutuhkan waktu yang sangat lama. Kabeer harus menaiki perahu untuk tiba di sana. Sekolah yang dibayangkannya tidak seperti harapannya. Sekolah itu berada di atas sungai. Kehidupan masyarakat di sana memang lebih sering berada di atas sungai. Untuk jual beli juga dilakukan di atas perahu atau pasar terapung. Kabeer membersihkan ruangan kelas yang kecil itu. Di meja guru, dia membuka laci dan menemukan sebuah catatan harian. 
Buku catatan harian itu milik seorang guru yang tahun lalu pernah mengajar di sana. Kabeer membaca cerita demi cerita sang guru yang bernama Firdaus. Alasan Firdaus mengajar di situ karena dia “dibuang” di sekolah asalnya mengajar karena perbedaan prinsip dengan kepala sekolah. Firdaus sangat dicintai oleh murid-muridnya yang mengubah metode belajar dengan cara yang menyenangkan. 
Sudah dua hari Kabeer berada di sekolah, tapi tak seorang murid pun yang datang ke sana. Kabeer mencari tahu kenapa murid-murid belum masuk kelas. Ternyata kedatangan guru baru harus diumumkan terlebih dahulu agar masyarakat tahu bahwa di Wular telah ada guru baru. Kabeer dan seorang pembawa perahu mengumumkan kedatangannya. 
Betul saja, esoknya para murid mulai berdatangan. Kabeer memperkenalkan dirinya. Tapi anak-anak punya cara sendiri untuk memperkenalkan diri mereka. Seperti itulah yang diajarkan guru Firdaus kepada mereka. Saat-saat kesepian, Kabeer membaca kembali kisah harian Firdaus. Ada sebuah kekuatan bagi dirinya setelah membaca kisah itu. Kekuatan itulah yang menjadi pedoman bagi dirinya untuk mengajar. Anak-anak yang awalnya kurang menyenangi cara mengajar Kabeer mulai bisa menerima kehadirannya. Itu berkat buku harian Firdaus.
Kisah Kabeer dan Firdaus sebenarnya memiliki banyak kesamaan. Dalam kehidupan nyata, kisah percintaan Kabeer kandas di tengah jalan. Begitu juga kisah percintaan Firdaus. Mengetahui Firdaus juga ditinggalkan sang kekasih, Kabeer pun mulai jatuh cinta pada Firdaus meskipun Kabeer belum pernah melihat wajah Firdaus. 
Buku catatan harian Firdaus telah mengubah cara pandang hidupnya. Semakin dia membaca kisah harian itu, semakin besar cintanya kepada Firdaus. Bahkan Kabeer pernah mencari tahu keberadaan Firdaus ke sekolah asalnya. Tapi dia gagal menemui Firdaus. Kepala sekolah mengatakan bahwa Firdaus akan merencanakan pernikahan. Mendengar berita itu, Kabeer terkejut dan marah. Dia kembali ke Wular dan membuka lembaran-lembaran di buku catatan harian itu.
Ya, di bagian akhir buku catatan harian itu ditulis sebuah kata “pernikahan”. Karena alasan itulah Firdaus meninggalkan Wular. Kabeer sangat sedih dan marah. Dia membakar buku catatan harian itu, tapi tak lama kemudian dia mengambil kembali buku catatan itu. Sekarang dia berusaha untuk berpikir positif. Kabeer melanjutkan kisah di buku catatan harian Firdaus. Dia berharap kisah dirinya akan dibaca oleh orang lain dan bisa menjadi semangat dalam hidupnya. 
Apakah Firdaus telah menikah? Firdaus membatalkan pernikahannya ketika mengetahui calon suaminya adalah lelaki bejat. Tidak sengaja dia mendengar percakapan calon suaminya dengan seorang perempuan yang dihamilinya yang meminta pertanggungjawaban. Firdaus merasa kecewa dan meninggalkan pesta pernikahan itu.
Firdaus kembali ke Wular. Guru Kabeer telah meninggalkan Wular. Firdaus disambut hangat oleh anak-anak yang bercerita tentang Kabeer. Firdaus membuka laci guru dan menemukan kembali catatan hariannya. Tapi di lembaran akhir dia menemukan catatan Kabeer. Dia membaca kisah-kisah Kabeer yang menyentuh. Kisah-kisah itu telah meluluhkan hati Firdaus dan benih-benih cinta mulai tumbuh. Firdaus mencari tahu tentang keberadaan Kabeer. Dia menemukan alamat rumahnya, tapi Kabeer tidak ada di sana. Hanya paman Kabeer yang dia temui. Paman Kabeer menceritakan keadaan Kabeer setelah tahu perempuan itu adalah Firdaus.
Kabeer dan Firdaus akhirnya bertemu di Wular Public School. Mereka berdua sangat senang seakan-akan sepasang kekasih yang telah lama berpisah. Kabeer dan Firdaus merajut cinta di sana.
Pemain
Nama Peran
Pranutan Bahl Firdaus
Zaheer Iqbal Kabeer Kaul
Muazzam Bhat Ka
Ahmed Kabeer Kecil
Hafsa Ashraf Igrah
Hibba Ashraf Firdaus Kecil
Bareen Bareen
Rani Bhan Warden
Adiba Bhat Dua
Farhana Bhat Dolly
Mozimv Bhat Junaid
Baba Hatim Wagar
Soliha Maqbool Shama
Mir Mohammed Mehroos Imran
Mir Mohammed Zayan Tariq
Shrysh Zutshi Vikram

Detil Film
Sutradara Nitin Kakkar
Penulis Darab Farooqui
Genre Drama, Romance
Durasi 113 menit
Rilis 29 Maret 2019
Negara India
Bahasa Hindi
Studio Salman Khan Filmd
Rating IMDB 6.6

Catatan: cover film diambil dari situs IMDB

About Redaksi

Check Also

Parasite / Gisaengchung (2019) – Kekeluargaan yang Salah Tempat

Film ini mengisahkan tentang dua keluarga yang berbeda. Keluarga pertama adalah keluarga miskin yang dikepalai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *