Breaking News

Mosul (2019) – Perjuangan Mempertahankan Kota dari ISIS

Salah satu cover Mosul (2019)
Salah satu cover Mosul (2019)

Mosul (2019) adalah film berlatar perang yang diangkat dari kisah nyata. Ditulis dan disutradarai oleh Matthew Michael Carnahan, film Mosul (2019) berhasil membawa kita ke dalam suasana perang sesungguhnya. Perang yang begitu mencekam dan kapan saja kita bisa mati ketika berada di medan perang.

Adalah sekelompok SWAT lokal yang terdiri dari mantan polisi lokal bergerilya untuk menumpas ISIS yang menguasai Kota Mosul, sebuah kota berkembang di Irak Utara. ISIS meyakini bahwa menguasai Mosul maka akan bisa menguasai seluruh Irak. Tapi dugaan mereka salah. Kelompok-kelompok gerilya yang tidak ingin ISIS memerintah di Irak terus berjuang sampai mati. SWAT lokal yang dipimpin oleh Mayor Jasem (Suhail Dabbach) adalah salah satunya.

Tim SWAT ini paling ditakuti oleh ISIS karena mereka akan datang kapan saja dan siap menumpas tentara ISIS. Jika ISIS berhasil menangkap personil SWAT, mereka tidak akan mengampuninya. Si tentara malang ini tentu akan menemui mautnya dengan kejam. Lehernya disembelih layaknya binatang. Begitu juga sebaliknya. Jika SWAT menangkap ISIS, mereka akan melakukan hal yang sama. Sayangnya, perlahan-lahan anggota SWAT semakin berkurang karena tewas di medan tempur. Hanya tinggal beberapa personel saja yang dipimpin oleh Mayor Jasem.

Saat dua polisi lokal digempur oleh ISIS di Mosul, SWAT membantu mereka. Tanpa ampun, tentara ISIS berhasil ditumpas. Di Mosul (2019) kita bisa melihat bagaimana SWAT pimpinan Jasem ini sangat terlatih dan cekatan sekali. Saat mereka berhasil menumpas musuh, mereka mendapati dua polisi lokal itu masih hidup. Seorang pria paruh baya dan seorang lagi pemuda 21 tahun bernama Kawa (Adam Bessa).

Baca Juga: The Balkan Line (2019)

Kawa dan mitranya sedang mempertahankan diri saat ISIS menyerang. Mereka sedang bertugas dan berhasil menangkap pemberontak ISIS karena peredaran obat-obatan. Dalam perang itu, Kawa harus kehilangan pamannya. Jasem memeriksa daftar hitam para polisi lokal yang terlibat ISIS. Keduanya aman. Jika tidak, Jasem tidak akan memaafkan para pengkhianat.

Melihat semangat juang Kawa, Jasem merekrutnya untuk bergabung bersama SWAT dan melepaskan mitra Kawa yang membawa mayat pamannya. Kawa yang belum lama menjadi polisi harus berjuang bersama SWAT. Ada kemarahan di raut wajahnya. Jasem berhasil menangkap aura itu. Jasem tahu bahwa Kawa menaruh dendam pada ISIS. Barangkali ada anggota keluarga Kawa yang menjadi korban kekejaman ISIS.

Film Mosul (2019) selanjutnya berkisah tentang petualangan Kawa bersama SWAT pun dimulai. Dia banyak diajarkan tentang pertempuran oleh Jasem sendiri, Waleed (Ishaq Elias) maupun Amir (Mohimen Mahbuba). Kawa sendiri sebenarnya tidak tahu apa misi yang diusung SWAT. Namun seiring berjalan waktu, akhirnya ia memahami apa yang dicari SWAT. Setiap personel SWAT ternyata adalah korban kekejaman ISIS. Ada anggota keluarga mereka yang menjadi korban ISIS. Makanya setiap menemui tentara ISIS, mereka tidak akan memberi ampunan.

Dalam sebuah serangan, Kawa menyaksikan bagaimana kemarahan SWAT saat menggempur ISIS. Tapi satu hal yang tidak dipahami Kawa adalah kenapa SWAT harus menyuap polisi perbatasan untuk menyeberang? Dia berkali-kali melontarkan protes tapi diabaikan oleh Jasem maupun Waleed. Toh lama-lama Kawa akan paham juga.

Mosul (2019) berlanjut saat terjadinya serangan yang tiba-tiba dalam perjalanan selanjutnya, Kawa ikut bertempur. Perang sengit yang menyebabkan beberapa personel SWAT tewas, termasuk Jasem. Dia tewas akibat ranjau yang ditanam oleh ISIS.

Tampuk pimpinan SWAT beralih ke Waleed yang membawa mereka kepada keluarga Waleed yang disekap ISIS. Ini adalah misi SWAT yang lain. Menyelamatkan anggota keluarga SWAT yang diyakini masih hidup. Istri dan anak Waleed berhasil dibebaskan. Tapi Waleed tidak bisa ikut bersama mereka. Inilah sejatinya misi yang dijalankan oleh SWAT. Dan Kawa pun akhirnya betul-betul mengerti.

Film Mosul (2019) menjadi salah satu film perang yang layak Anda tonton.

About Redaksi

Check Also

Parasite / Gisaengchung (2019) – Kekeluargaan yang Salah Tempat

Film ini mengisahkan tentang dua keluarga yang berbeda. Keluarga pertama adalah keluarga miskin yang dikepalai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *