Breaking News

Miss Bala (2019) – Siapa yang Akan Menyelamatkan Keluarga Anda?

Miss Bala (2019) adalah film yang diadopsi dari film berbahasa Spanyol dengan judul yang sama. Film ini dirilis pada tanggal 1 Februari 2019 yang disutradarai oleh Catherine Hardwicke. Film ini berkisah tentang seorang perempuan asal Amerika yang mengunjungi teman dekatnya di Meksiko. Di suatu malam, saat mereka berada di klub malam, sekelompok orang bersenjata memberondong orang yang telah ditargetkan. Mereka terjebak dan terpisah satu sama lainnya. Lalu perempuan ini mencari teman dekatnya itu yang ternyata dia juga terjebak dalam lingkar mafia narkoba Meksiko.

Review film Miss Bala (2019)
Cover film Miss Bala (2019). Foto IMDB.

Detil Film

Sutradara: Catherine Hardwicke
Penulis: Gareth Dunnet-Alcocer
Genre: action, drama, thriller
Negara: Amerika Serikat, Meksiko
Bahasa: Inggris
Rilis: 1 Februari 2019
Studio: Columbia Pictures
Rating IMDB: 5.4

Pemain

Nama
Peran
Gina Rodriguez
Gloria Fuentes
Thomas Dekker
Supervisor Makeup
Vivian Chan
Desainer Fashion
Barbarella Pardo
Petugas Kostum
Cristina Rodlo
Suzu
Sebastian Cano
Chava
Gaby Orihuela
Koordinator Kontes
Damian Alcazar
Kepala Polisi Saucedo
Ricardo Abarca
Poyo
Ismael Cruz Cordova
Lino
Erick Delgadillo
Tucan
Mikhail Plata
Chivo
Jorge Humberto Millan Mardueno
Ortiz
Job Sarmiento
Petugas Polisi
Roberto Sosa
Petugas Polisi
Lilian Tapia
Dona Rosita
Henry Torres Blanco
Koreografer Kontes
Matt Lauria
Brian Reich
Omar Ayala
Sniper DEA
Oscar Estrada
Manusia Burung Hantu
Jimmy Gonzales
Petugas Pabean AS
Anthony Mackie
Jimmy
Aislinn Derbez
Isabel
Jose Sefami
Don Ramon
Aldo Quintero Torres
Penyiar Kontes
Melina Oronia
Runner Up Kontes
Joel Navarro Ponce
Pengawal Saucedo
joe LoCicero
Orang di Pesta
Lidia Quiroz
Koresponden Berita
Alan Alzalde
Estrella
Carlos Eves
Estrella
Andres Garcia
Estrella
Irving Lemus
Estrella
Roberto Colin
Estrella
Eliel Morales
Estrella
Rosalio Ruiz
Estrella
Topsy Ruiz
Estrella
Tornado Ruiz
Estrella
Abram Serratos
Estrella
Daniela de la Fe
Gadis Edgy

Jalan Cerita

Gloria Fuentes adalah seorang tata rias. Dia telah merias beberapa model dan peragawati yang memakai gaun-gaun perancang terkenal. Saat ini dia tinggal di Los Angeles. Suatu hari, dia melakukan perjalanan ke Tijuana, Meksiko untuk mengunjungi sahabat kecilnya, Suzu. Mereka memang telah berteman sejak kecil dan Gloria menghabiskan masa kecilnya di Tijuana sebelum pindah ke Amerika Serikat.

Suzu mendaftar dalam sebuah kontes kecantikan yang bernama Kontes Miss Baja California Sur. Gloria menemani Suzu untuk mendaftar kontes tersebut. Malamnya, Gloria melakukan rias wajah sederhana kepada Suzu. Mereka telah berikrar akan terus bersahabat selamanya. Memang Gloria telah menganggap Suzu sebagai saudaranya, bahkan adik Suzu, Chava juga telah dianggap sebagai saudaranya.

Pada suatu malam, Gloria dan Suzu pergi ke klub malam untuk menghabiskan malam mereka. Di sana mereka bertemu dengan Kepala Polisi Saucedo. Konon katanya, Saucedo telah ikut mendanai kegiatan kontes ini. Rumor juga mengatakan bahwa Saucedo akan mengajak pemenang kontes untuk tidur bersamanya. Saat Gloria pergi ke toilet, tiba-tiba terjadi kontak senjata. Kelompok bersenjata yang tak diundang memberondong ke arah Saucedo. Ternyata mereka ingin menghabisi Saucedo. Gloria dan Suzu berpisah. Gloria mencari perlindungan di tengah amukan kontak senjata. Sedangkan Suzu, entah ke mana dia lari. Gloria tidak menemukan Suzu di mana pun, padahal kontak tembak telah berhenti. Dia menghubungi Suzu, tapi tidak ada jawaban hingga akhirnya Gloria tertidur di sebuah kafe.

Ketika bangun, dia menghubungi kembali Suzu. Tapi lagi-lagi tidak menemukan jawaban. Lalu dia melihat seorang opsir polisi dan mengatakan kepadanya bahwa dia telah melihat langsung beberapa orang kelompok bersenjata itu. Dia menjelaskan detil orang itu. Opsir polisi membawa Gloria ke suatu tempat. Ketika mobil berhenti di sana, beberapa orang preman mengejarnya. Gloria tidak berkutik. Dia dibawa kepada Lino, pimpinan geng sebuah kelompok bersenjata. Lino memanfaatkan Gloria seraya berjanji akan menemukan Suzu untuk Gloria. Tapi Gloria harus menuruti keinginannya. Misi pertama sukses dijalankan oleh Gloria. Dia membawa sebuah mobil, dan diparkir pada sebuah gedung. Ketika Gloria, Lino dan kawan-kawannya berkimpul, mobil itu meledak hebat. Gloria berteriak histeris atas kejadian itu.

Selanjutnya Gloria terpaksa bergabung dengan kelompok Lino. Saat Gloria mendaftar Kontes Miss Baja California, dia harus ditemani oleh orang kepercayaan Lino. Ketika Gloria berada di toilet, dia berhasil melarikan diri. Namun sial baginya. Beberapa orang DEA menangkapnya. Gloria dianggap sebagai biang utama terhadap kasus kematian teman-teman DEA mereka karena dialah sopir yang membawa mobil sedan berwarna hitam.

DEA memaksa juga Gloria untuk bekerjasama dengan beberapa janji yang harus dipatuhi keduanya. Gloria kembali kepada Lino, tepatnya Lino-lah yang menemukan Gloria. Kemudian Gloria memasang alat penyadap telepon ke telepon milik Lino. Dan juga Gloria telah mengetahui tempat pertemuan Lino bersama rekan bisnisnya untuk menukar narkoba dengan senjata. Lagi-lagi Gloria harus menjalankan misi mereka. Kalin ini, misinya adalah membawa heroin dari Tijuana ke Amerika Serikat.

Gloria telah berhasil melewati pemerikasaan petugas pabean. Tanpa buang waktu, dia segera melaju ke tempat yang telah ditentukan. Narkoba milik Lino telah terjual dengan harga yang lumayan pantas. Uang hasil penjualan itu bertujuan untuk membeli senjata dari Amerika Serikat. Pertemuan antara Lino dan pengedar senjata berlangsung aman.

Tiba-tiba, seorang sniper berusaha menembak Lino. Tapi tembakannya meleset. Seluruh pasukan DEA telah bersiap dengan senjata mereka. Anggota Lino berusaha melindungi diri mereka. Sedangkan Gloria lari ke arah pintu yang telah disepakati bersama DEA. Sial bagi Gloria, pintu itu terkunci. Lalu Gloria menghubungi pihak DEA, namun dia tidak menemukan jawaban yang memuaskan. Saat kontak senjata terjadi antara DEA dan kelompok Lino, Gloria merasa tersudut di depan pintu keluar. Lino berusaha melindunginya, tapi dia terkena tembakan. Melihat Lino terluka, Gloria membantu Lino keluar dari area kontak senjata.

Lino dan gengnya kembali ke markas. Mereka sangat marah ketika polisi mengetahui pertemuan itu. Pastilah ada mata-mata dalam gengnya. Poyo, salah satu anak buah kepercayaan Lino mengumpulkan seluruh hp orang-orang yang berada di sana. Sementara itu, Gloria berkenalan dengan Isabel di dapur. Isabel menunjukkan sebuah tanda di tangannya. Tanda itu berarti bahwa Isabel adalah milik Lino. Jika Isabel lari dari pantauan Lino, maka keluarga Isabel akan mati. Ketika Poyo mengajak Isabel bercinta, Gloria mengambil hp yang telah dikumpulkan. Lalu dia mencari kartu penyadap di hp miliknya. Sial baginya, hp yang diberikan Lino kepadanya sama semua bentuknya. Jadi, Gloria membutuhkan sedikit waktu untuk membuka satu per satu hp yang memiliki penyadap. Setelah kartu penyadap ditemukan, dia memasangkan kepada hp orang lain secara acak.

Poyo menemukan hp yang telah disadap. Begitu sedihnya dia ketika tahu hp itu milik Isabel. Lino tanpa ampun menembak mati Isabel. Gloria merasa bersalah, tapi dia tetap harus tutup mulut. Beberapa waktu kemudian, Lino mendesak Gloria untuk mendaftar kontes kecantikan. Dia telah memiliki rencana matang untuk membunuh Saucedo.

Gloria mendaftar kontes itu dan berhasil memenangkan Kontes Miss Baja California. Seperti yang diharapkan oleh Lino, Gloria diundang oleh Saucedo ke kamarnya. Pada pesta di tempat Saucedo, dia malah bertemu dengan Suzu. Gloria melihat tanda yang sama di tangan Suzu seperti tanda di tangan Isabel. Tanda itu menunjukkan bahwa Suzu telah dimiliki oleh Lino. Gloria merasa marah. Dan saat dia dipanggil ke kamar Saucedo, Gloria menulis pesan di secarik kertas. Saucedo terkejut dan memerintahkan anak buahnya untuk melindungi dirinya.

Ketika Saucedo berada di parkiran, anak buah Lino melihat dirinya. Baku tembak pun tak terhindari. Gloria bersama Suzu melarikan diri dari tempat itu. Gloria telah mengambil senjata dari Poyo untuk menjaga dirinya dari bahaya. Saat Saucedo terdesak, dia menangkap Suzu dan menjadikannya sebagai tameng. Gloria yang tidak ingin kehilangan Suzu lagi, menembak paha Saucedo. Hal ini dimanfaatkan oleh Lino yang segera menembak mati Saucedo. Gloria mengarahkan senjatanya kepada Lino yang selama ini telah mendekap Suzu. Saat Lino mengambil pistol, Gloria menembak tanpa ampun. Lino pun roboh dan mati tak lama kemudian.

Polisi pun datang. Kedua orang besar itu telah mati. Gloria ditangkap dan diinterogasi oleh Jimmy, agen CIA. Rupanya Jimmy tertarik untuk mengajak Gloria bergabung bersama CIA. Apakah Gloria menerima tawaran itu? []

About Redaksi

Check Also

Dark Phoenix (2019) – Setiap Pahlawan Memiliki Sisi Gelap

Tahun 1975, Jean kecil dan keluarganya berada dalam sebuah mobil. Jean yang berumur 8 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *