Breaking News

Love Sonia (2018) – Kisah Gadis India yang Diperdagangkan

Love Sonia merupakan film India yang diangkat dari kisah nyata. Film ini diutradarai dengan baik oleh Tabrez Noorani. Kisah epik ini bercerita tentang petualangan seorang adik untuk mencari kakaknya yang telah dijual oleh ayah mereka. Kakak Sonia dipaksa untuk bekerja sebagai pekerja seks. Film haru ini wajib Anda tonton.

Review film Love Sonia
Film yang diangkat dari kisah nyata tentang perdagangan manusia untuk pekerja seks. Sumber: IMDB.

Kredit Film

Sutradara: Tabrez Noorani
Penulis: Tabrez Noorani
Genre: Drama
Durasi: 120 menit
Studio: Tamasha Talkies
Rating: 7.5

Pemain


Nama

Peran
Mrunal Thakur Sonia
Richa Chadha Madhuri
Freida Pinto Rashmi
Manoj Bajpayee Faizal
Adil Hussain Shiva
Anupham Kher Baldev Singh
Rajkumar Rao Manish
Sai Tamhankar Anjali
Riya Sisodiya Preeti
Ankur Vikal Penjaga Hotel
Abishek Bharate Amar Kumar
Mark Duplass Orang Amerikan
Demi Moore Selma

Jalan Cerita

Film ini diawali dengan suasana di kampung Sonia (Mrunal Thakur). Tampak Sonia dan Preeti (Riya Sisodiya) sedang sekolah. Mereka tampak bahagia. Teman sekolah mereka, Amar (Abishek Bharate) memiliki perasaan kepada Sonia. Sepulang sekolah, Sonia dan Preeti membantu ayahnya di ladang. Sudah beberapa bulan tidak turun hujan sehingga menyebabkan ladang ayah mereka kekeringan. Tapi ayah Sonia tetap optimis bahwa suatu saat akan turun hujan.

Suatu hari, Tuan Baldev Singh (Anupam Kher) mendatangi rumah ayah Sonia. Ia ingin hutang-hutangnya segera dibayar, jika tidak, maka ladangnya akan diambil paksa. Ayah Sonia berjanji akan membayar hutang tersebut dalam waktu dekat ini. Namun Tuan Baldev Singh tidak bisa menerimanya.

Keesokan harinya, entah bagaimana, ayah Sonia membawa paksa Preeti. Keadaan itu dilihat langsung oleh Sonia. Dia mengikuti mereka. Ternyata tujuan mereka adalah rumah Baldev. Sonia mengintip apa yang terjadi di dalam. Sonia ketahuan! Dia ditangkap dan dibawa ke hadapan Baldev. Ayah Sonia terkejut dan memarahi Sonia.  Melihat Sonia di sana, Preeti menangis. Baldev memberikan uang yang banyak kepada ayah Sonia. Preeti tidak menyadari bahwa ayahnya telah menjual dirinya.

Sonia merasa marah sekali. Dia ingin bersama Preeti. Pada malam hari, dia merencanakan untuk mencari Preeti. Dia pergi ke rumah Baldev dengan perbekalan seadanya. Baldev melihat peluang yang sangat bagus pada diri Sonia. Dia menyetujui untuk membawa Sonia menemui Preeti. Keesokan harinya, Sonia pergi bersama Anjali ke Mumbai untuk bertemu Preeti.

Dalam perjalanan ke Mumbai, bus yang ditumpangi mereka mengalami kerusakan. Mereka menginap di hotel. Sonia melihat Anjali sudah tidur, dia keluar kamar untuk menemui penjaga hotel. Sonia ingin mengecek email. Penjaga hotel bertanya-tanya kepada Sonia tentang rencana mereka. Ketika mendengar rencana tersebut, penjaga hotel memberikan sedikit uang kepada Sonia agar dia lari dari Anjali. Sonia tidak tahu alasannya apa, namun penjaga hotel mengatakan bahwa Sonia dalam keadaan bahaya.

Sonia masih bersama Anjali dan tiba di Mumbai. Mereka menuju ke sebuah rumah bordir. Sonia melihat suasana yang belum pernah dia lihat sebelumnya. Di kamar-kamar pengap, dia melihat langsung orang yang sedang bersenggama. Sonia ingin lari ketika mengetahui Preeti tidak ada di sana. Tapi usahanya gagal ketika penjaga rumah bordir menangkapnya. Sonia dibawa kepada Faizal, pemilik rumah bordir. Setelah menyerahkan uang yang banyak kepada Anjali, dia pun pulang ke kampungnya.

Faizal memanggil Madhuri agar membimbing Sonia. Ia harus melayani setiap lelaki membayarnya, padahal umur Sonia masih 17 tahun. Suatu hari, Sonia bertemu dengan Manish, seorang pekerja sosial di bidang perempuan. Manish berusaha menolong Sonia agar keluar dari rumah bordir itu.

Sonia masih bersikeras ingin bertemu dengan Preeti. Faizal mengabulkannya. Mereka dipertemukan, tapi sayangnya Preeti yang berada di bawah pengaruh narkoba membentak Sonia dan dia mengaku tidak mengenal Sonia. Tentu hati Sonia hancur berkeping-keping. Dia menjadi pemurung. Bahkan ketika Manish yang datang bersama polisi untuk membebaskannya, Sonia merasa tidak bergairah lagi. Dia seperti kehilangan kehidupannya.

Review film Love Sonia (2018)
Sonia kehilangan harapan hidupnya. Sumber: IMDB.

Faizal melihat bahwa posisi Sonia di rumah bordir terancam. Dia kapan saja bisa diambil oleh polisi karena umurnya masih belia. Faizal menjual Sonia kepada orang China. Dari rumah bordir itu, Sonia dan Madhuri dibawa dengan kargo. Sampai di China, Sonia harus melayani laki-laki belang. Perjalanan Sonia berlanjut ke Amerika.

Dia disewa oleh seseorang yang memiliki rumah mewah dan sangat kaya. Dibanding dengan laki-laki yang pernah “memakainya”, laki-laki Amerika ini memberikan sentuhan lembut kepadanya. Bahkan Sonia diperkenankan untuk mengecek email, siapa tahu ada kabar dari Preeti. Tapi, email yang ditemukan hanya dari Amar. Kata-kata Amar membuatnya bahagia. Muncul keinginannya untuk melarikan diri.

Pada sebuah pesta, Madhuri mengalihkan perhatian orang-orang kepadanya dengan menggores nadinya. Kesempatan itu dimanfaatkan oleh Sonia untuk melarikan diri. Dia terus berlari. Hingga seseorang menemukannya, memberinya makanan, dan merekomendasikan dirinya kepada Selma, seorang pekerja sosial yang membidangi human trafficking. Selma memberikan perlindungan kepada Sonia. Dia juga memfasilitasi video call dengan kakaknya, Preeti.

Mereka berdua sangat senang. Sonia tidak sabar untuk bertemu dengan Preeti. Beberapa bulan kemudian, keinginan Sonia untuk bertemu Preeti terwujud. Dia tiba di India dan langsung menuju ke sebuah yayasan, di mana Manish berada di sana. Tapi alangkah kecewanya Sonia, Preeti kembali ke dunianya lagi. Dia kecanduan narkoba tingkat tinggi. Sonia sedih. Walaupun kedua orangtuanya ingin menjemput Sonia untuk pulang ke kampung, tapi Sonia tetap ingin berada di sana. Dia yakin, Preeti akan kembali kepadanya.

Lalu dia menulis surat untuk Preeti. Dia menulis kisah masa lalunya dan keadaan yang dialaminya selama ini. Di akhir surat, dia membubuhkan kata-kata, Love Sonia! []

About Redaksi

Check Also

Lying and Stealing (2019) – Setiap Orang Menginginkan Potongannya

Ivan dan Elyse bertemu dalam sebuah acara pesta puisi yang digelar oleh seorang yang sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *