Breaking News

Last Sunrise (2019) – Saat Matahari Berhenti Terbit

Last Sunrise (2019) merupakan film China yang disutradarai oleh Wen Ren dan dirilis pada tanggal 24 Februari 2019. Film ini berkisah tentang keadaan yang mencekam saat matahari telah berhenti terbit. Seorang ilmuwan muda dan tetangganya mencoba untuk bertahan hidup dari keadaan yang genting itu. Jika sinar matahari tidak ada lagi, maka seluruh kehidupan manusia terancam karena tidak ada lagi sumber energi yang bisa digunakan.

Review film Last Sunrise (2019)
Cover film Last Sunrise (2019). Kredit foto IMDB.

Detil Film

Sutradara Wen Ren
Penulis Elly Li, Yankang Mei, Wen Ren, dan Min Yu
Genre Adventure, Drama, Romance, Sci-fi
Durasi 103 menit
Rilis 24 Februari 2019
Negara China
Bahasa China
Studio Youku Pictures
Rating IMDB 6.6

Pemain

Nama Peran
Jue Zhang Sun Yang
Yue Zhang Chen Mu

Jalan Cerita

Sun Yang adalah seorang ilmuwan muda. Pada masa-masa itu, keadaan bumi sangat genting karena adanya ancaman matahari akan berhenti untuk terbit. Jika ini terjadi, maka bumi akan berada dalam keadaan gelap gulita, sumber daya energi akan hilang, suhu bumi akan menjadi dingin, kehidupan manusia terancam.

Hal yang dikhawatirkan memang terjadi. Sun Yang melihat matahari terbit untuk terakhir kalinya di jendela rumah tetangganya, Chen Mu. Karena di situlah tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit. Keadaan menjadi gelap gulita. Orang-orang merasa heran kenapa tiba-tiba matahari menjadi gelap. Namun Sun Yang telah memprediksi hal tersebut. Bahkan dia sempat menghubungi seseorang yang dianggap sebagai dewa matahari. Dia menyuruh Sun Yang untuk bertemu dirinya. Ada hal yang ingin dibicarakannya.

Keadaan sangat kacau di luar sana. Orang-orang berebutan ingin mendapatkan makanan sehingga mereka saling memukul dan menghantam. Bahkan Sun Yang sempat dipukul oleh seseorang hanya untuk dirampas uang milik Sun Yang. Ketika sadar, dia kembali ke apartemennya dan mengambil sesuatu yang bisa dibawanya untuk bertahan hidup. Dia harus bertemu orang yang dianggap sebagai dewa matahari itu. Namun, Chen Mu sang tetangga ingin bersama Sun Yang. Dia memiliki mobil sehingga Sun Yang membawa Chen Mu bersamanya.

Mereka menuju ke tempat dewa matahari. Di sana keadaan tampak gelap gulita. Tapi tempat itu memiliki sumber daya yang cukup untuk bertahan hidup. Sun Yang berdiskusi dengan sang dewa matahari. Dia menyarankan Sun Yang untuk menuju ke Distrik 4 karena di sana memiliki sesuatu sumber daya yang bisa membawa kehidupan.

Keesokannya, Sun Yang dan Chen Mu menuju ke Distrik 4. Namun Sun Yang menurunkan Chen Mu di Distrik 2. Dia harus bertemu kedua orangtuanya. Tapi Chen Mu menemukan kedua orangtuanya telah mati. Sun Yang yang sempat pergi tiba-tiba kembali lagi ke rumah Chen Mu. Dia melihat Chen Mu sedang kesedihan. Jadi, Chen Mu akhirnya ikut bersama Sun Yang ke Distrik 4.

Perjalanan menuju ke sana sangat berbahaya. Mereka bertemu dengan orang-orang yang berupaya untuk menghentikan mobil mereka. Namun Sun Yang tidak menghentikan mobilnya. Dia tahu bahaya akan mengancam jika dia menghentikan mobilnya. Saat sumber daya mobilnya tinggal beberapa persen lagi, mereka melihat sebuah rumah yang berpenghuni. Rumah itu dihuni oleh sepasang kakek dan nenek. Mereka menyambut Sun Yang dan Chen Mu dengan fasilitas apa adanya. Kebaikan mereka ternyata bertujuan buruk. Saat Sun Yang lengah, mobil mereka dibawa oleh pasangan kakek nenek itu.

Sun Yang dan Chen Mu berjalan kaki ke Distrik 4. Mereka tampak kelelahan dan beristirahat sambil menikmati bintang-bintang di langit. Mereka melanjutkan perjalanan hingga menemukan sebuah pabrik batu bara tua. Namun pabrik tua itu dikuasai oleh orang-orang jahat. Nenek kakek yang mencuri mobil mereka tewas ditembak. Sun Yang melihat kejadian itu sebelum Sun Yang ditangkap demi menyelamatkan Chen Mu.

Sun Yang dipaksa untuk bekerja mengangkut batu bara bersama mereka. Chen Mu mengendap-endap untuk membebaskan Sun Yang. Padahal Sun Yang menyerahkan dirinya kepada penjahat itu agar Chen Mu melarikan diri dengan mobil mereka. Tapi Chen Mu tidak tega. Dia menyelamatkan Sun Yang yang disekap dalam sebuah ruangan. Mereka berhasil lolos dan para penjahat berusaha mengejar mereka dengan melepaskan tembakan.

Mereka berhasil mencapai mobil dan melarikan diri. Sayang bagi Sun Yang, dia tertembak dan tampak sekarat. Sebelum mereka mencapai Distrik 4, mereka kehabisan sumber daya mobil dan berhenti di tengah jalan. Luka Sun Yang bertambah parah dan dia tidak sadarkan diri. Beruntung sebuah mobil melintas menyelamatkan mereka dan membawa mereka ke Distrik 4 yang tampaknya memiliki kehidupan dan sumber daya yang baik. Sun Yang dapat diselamatkan. []

About Redaksi

Check Also

Parasite / Gisaengchung (2019) – Kekeluargaan yang Salah Tempat

Film ini mengisahkan tentang dua keluarga yang berbeda. Keluarga pertama adalah keluarga miskin yang dikepalai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *