Breaking News

Hotel Mumbai (2018) – Kisah Nyata Pembantaian di Hotel Taj

Sinopsis Film Hotel Mumbai (2018)Pada tanggal 26 November 2008, sekelompok pemuda tiba di Mumbai dengan sebuah perahu. Mereka menyebar dalam beberapa kelompok dan berbaur di keramaian Kota Mumbai. Di sebuah stasiun kereta api yang padat, dua orang pemuda dari kelompok itu memuntahkan peluru ke arah keramaian. Beberapa orang terluka dan tewas. Dua pemuda itu melarikan diri. Sementara itu, di dekat Hotel Taj, beberapa pemuda juga beraksi dengan menembakkan peluru ke arah keramaian. Di sebuah kafe, beberapa turis menjadi korban. Dua orang turis yang selamat melarikan diri dan berlari ke dalam Hotel Taj. Pemuda-pemuda bersenjata api itu berbaur dengan orang-orang yang panik dan masuk ke dalam Hotel Taj. Mereka adalah kelompok teroris yang umumnya mengincar orang-orang asing di Mumbai.
Arjun bekerja sebagai pelayan di hotel mewah itu. Dia penganut ajaran Sikh yang taat dan telah berkeluarga. Kepala koki hotel, Oberoi segera menenangkan para tamu ketika terdengar suara letusan senjata api. Arjun membantu Oberoi untuk melindungi para tamu. Di Hotel Taj, tamu-tamu adalah Tuhan sehingga mereka harus melayani para tamu dengan sebaik-baiknya. Di restoran hotel, para tamu asing dari berbagai negara tampak ketakutan. Sementara di lobi hotel, para teroris beraksi dengan kejam. Mereka menembak para tamu hotel tanpa ampun. Para staf lokal juga menjadi sasaran mereka. Para teroris tidak mengenal ampun.
Beberapa teroris mengetuk pintu kamar hotel dan membunuh mereka semua. Zahra dan David yang berada di restoran hotel segera menghubungi pengasuh bayi mereka yang sedang berada di kamar. Bayi mereka menangis ketakutan. Pengasuh dan bayi menyelamatkan diri dengan bersembunyi di sebuah lemari. Beruntung bagi mereka karena seorang perempuan tua masuk ke kamar mereka dan menjadi amukan kemarahan para teroris. Pengasuh bayi yang bernama Sally berupaya menutup mulut bayi yang menangis kencang tanpa henti.
Aparat keamanan dan polisi tidak bisa berbuat apa-apa. Di Mumbai tidak ada pasukan khusus anti teror sehingga mereka harus didatangkan dari Delhi yang jaraknya 9 jam perjalanan. Hotel Taj telah dikepung oleh para teroris. Mereka menembak mati siapa saja yang  mereka lihat. Beberapa tamu hotel di restoran tampaknya sedikit aman, karena ruangan itu agak terlindungi dan luput dari mata para teroris. Oberoi berusaha untuk menenangkan para tamu yang hampir mati ketakutan.
Tapi salah seorang tamu bernama David ingin keluar dari sana karena lebih mengkhawatirkan bayinya. Dia meminta izin kepada Oberoi yang dengan berat hati melepas kepergian David dan beberapa orang lainnya. David berhasil menemukan bayinya dan Sally, tapi beberapa orang lainnya tertembak mati oleh teroris. David mencari jalan keluar tapi gagal karena teroris menemukan dirinya. Beruntung bagi David karena dia akan dijadikan sebagai sandera. Bayinya dan Sally bersembunyi di tempat yang aman ketika David melihat beberapa teroris. 
Di ruang restoran hotel, Arjun mengajukan diri untuk membawa seorang turis ke rumah sakit yang terluka parah. Tapi saat beberapa polisi melihat dia di tangga hotel, polisi itu menginterogasi dirinya. Hal ini membuat turis itu lari ke luar ruangan dan dia terlihat oleh teroris. Polisi itu hanya ingin pergi ke ruang CCTV. Begitu mereka mengetahui Arjun adalah staf hotel, mereka meminta bantuannya. Arjun dan para polisi memantau di ruangan CCTV. 
Polisi yang melihat kelengahan teroris berusaha untuk melumpuhkannya, namun gagal karena teroris lain datang membantu kawannya. Beberapa polisi tewas dan seorang teroris terluka. 
Teroris telah menemukan beberapa sandera termasuk Zahra. Dia disatukan dengan suaminya. Tapi teroris tidak mengetahui hal itu. Atas instruksi dari sebuah telepon, teroris membunuh beberapa sandera. Namun saat akan menembak Zahra, perempuan itu mengucapkan kalimat-kalimat Tuhan. Hal ini membuat teroris bergetar dan urung membunuh Zahra. Dia membiarkan Zahra hidup, Sementara sandera lain telah tewas termasuk suami Zahra, David.
Ketegangan kembali terjadi ketika ruangan restoran berhasil diendus oleh teroris. Oberoi dan Arjun membawa para tamu ke lantai atas ke tempat yang lebih aman. Tapi keberadaan mereka juga diketahui oleh teroris. Beberapa tamu hotel menjadi korban tembakan. Pada saat itulah pasukan khusus tiba dan menyelamatkan beberapa tamu hotel. Mereka juga berhasil melumpuhkan para teroris. Dari 10 orang teroris dalam insiden Mumbai, 9 teroris tewas. 
Kejadian pilu itu menjadi catatan kelam bagi Mumbai khususnya dan bagi India secara umum. Beberapa tahun kemudian, Hotel Taj direnovasi dan diubah menjadi Hotel Mumbai. Oberoi mendapat kesempatan untuk menggunting pita peresmian itu. Dia adalah salah satu pahlawan dalam tragedi Mumbai.
Pemain
Nama Peran
Amandeep Singh Imran
Suhail Nayyar Abdullah
Manoj Mehra Houssam
Dinesh Kumar Rashid
Amriptal Singh Ismail
Kapil Kumar Netra Ajmal
Dev Patel Arjun
Adithi Kalkunte Dimple
Alex Pinder Butler Jamon
Vipin Sharma Dilip
Nazanin Boniadi Zahra
Armie Hammer David
Tilda Cobham-Hervey Sally
Anupam Kher Oberoi
Jason Isaacs Vasili
Gaurav Paswala Sanjay
Natasha Liu Bordizzo Bree
Angus McLaren Eddie
Naina Sareen Lani
Sachin Joab Vijay Goswami
Chantal Contouri Nyonya Karvelas

Detil Film
Sutradara Anthony Maras
Penulis John Collee, Anthony Maras
Genre Drama, History, Thriller
Durasi 123 menit
Rilis 7 September 2018
Negara Australia | Amerika Serikat | India
Bahasa Inggris | Hindi | Punjabi | Marathi | Yunani | Rusia | Arab | Urdu | Persia
Lokasi Film Adelaide, Australia | Mumbai, India
Studio Bleecker Street
Rating IMDB 7.8

Catatan: cover film diambil dari situs IMDB

About Redaksi

Check Also

Lying and Stealing (2019) – Setiap Orang Menginginkan Potongannya

Ivan dan Elyse bertemu dalam sebuah acara pesta puisi yang digelar oleh seorang yang sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *