Breaking News

Extreme Job (2019) – Detektif Pengusaha Ayam Goreng

Extreme Job atau Geukhanjikeob merupakan film comedy action Korea yang disutradarai oleh Lee Byeong-heon. Pemutaran perdana film ini dirilis pada tanggal 23 Januari 2019. Hal yang mencengangkan terjadi ketika film ini sukses merajai box office utama di Korea Selatan dengan meraih ₩ 91,5 miliar (US $ 81,6 juta), padahal anggaran produksi film ini hanya 6,5 miliar (US $ 5,8 juta) dan melampaui 10 juta penjualan tiket hanya dalam 15 hari.

Review film Extreme Job
Extreme Job adalah film komedi tentang tim detektif, sumber: IMDB

Jalan Cerita

Sebuah tim detektif bagian narkotika yang diketuai oleh Go (Ryoo Seung-Ryong) menyergap sebuah gedung yang diyakini menjadi tempat distribusi narkoba. Selain Go, tim tersebut juga terdiri dari Jang (Lee Ha-Nee), Ma (Jin Seon-Kyu), Young-Ho (Lee Dong-Hwi) dan Jae-Hoon (Gong Myung). Apa yang dilakukan tim ini selalu saja berakhir dengan konyol. Termasuk penyergapan yang dilakukan terhadap kelompok pengedar narkoba tersebut.

Kekacauan yang terjadi akibat tindakan tim detektif tersebut menyebabkan mereka terintimidasi oleh pimpinan mereka. Dia memarahi tim tersebut karena dianggap tidak mampu menuntaskan kasus-kasus narkoba. Setelah keluar ruangan pimpinan, mereka juga membuat kekacauan dengan saling menyalahkan satu sama lainnya. Tiba-tiba, kelompok detektif yang dipimpin Chiu melihat tingkah mereka.

Chiu mengajak Go dan kawan-kawan untuk makan bersama. Selama perbincangan, Chiu memberikan sebuah petunjuk tentang keberadaan mafia narkoba terbesar, yaitu Lee Mo-Bae (Shin Ha-Kyun). Detektif Go tertarik untuk mengintai kelompok tersebut.

Dalam setiap aksi, kelompok Go terus berbuat kekonyolan. Termasuk ketika mengintai aktifitas jaringan Lee Mo-Bae. Akhirnya mereka mengintai dari restoran ayam goreng. Posisi pengintaian di sini cukup strategis, karena lokasi jaringan Lee tepat di depannya.

Review film Extreme Job
Mereka melakukan pengintaian di sebuah restoran ayam goreng. Sumber: screenshot film.

Berhari-hari pengintaian, mereka belum menemukan apa-apa. Lelah menunggu dan pemilik restoran yang ingin menutup restoran, membuat mereka galau. Mereka masih ingin mengintai, tapi restoran harus ditutup. Akhirnya muncul ide konyol untuk membeli restoran itu yang telah bangkrut karena tidak ada pembeli yang makan di sana, kecuali tim Go dan kawan-kawan.

Restoran menjadi milik mereka. Dan anehnya, melalui hasil racikan ayam goreng Detektif Ma, restoran tersebut menjadi banyak pengunjung. Bahkan saking ramainya pembeli, restoran tersebut menjadi viral. Mereka pun tampak sibuk dengan profesi baru tersebut. Betapa tidak, hasil penjualan ayam goreng bahkan melebih gaji mereka di kepolisian.

Mereka seakan-akan lupa terhadap tujuan awal mereka.

Usaha ayam tersebut selanjutnya dimanfaatkan oleh Lee Mo-Bae. Mereka ingin membeli hak cipta ayam goreng mereka untuk dipasarkan di restoran yang mereka beli. Ini hanyalah kedok belaka karena di dapur restoran, mereka berbisnis narkoba.

Ayam goreng Ma versi penjahat ternyata membuat Detektif Go curiga. Mereka melakukan penyelidikan. Dan mereka menemukan fakta-fakta dan bukti-bukti. Suatu malam, Ma berkunjung ke restoran milik Lee Mo-Bae. Di sana ada beberapa penjaga. Ma bergabung bersama mereka. Tapi mereka curiga dan membekuk Ma.

Review film Extreme Job
Ma disandera oleh Lee, sumber: screen shot film

Ma disandera! Go dan kawan-kawan menyelematkannya di lokasi yang telah ditentukan oleh Lee. Tapi tidak mudah untuk membunuh Go yang merupakan mantan tim nasional judo. Ma melumpuhkan musuh-musuhnya. Rombongan Go tiba di lokasi penyanderaan Ma. Namun, di sana ternyata terjadi transaksi narkoba besar antara Lee Mo-Bae dan Ted Chang (pengusaha).

Di sela-sela transaksi, muncul kegaduhan karena mereka saling mencurigai bahwa ada di antara mereka yang melapor polisi. Lee Mo-Bae tampak murka dan menembak Ted Chang karena mengkhianati transaksi ini.

Go tiba di sana. Mereka hanya berlima, sedangkan musuh berjumlah sekitar puluhan (bisa jadi 50 atau lebih). Tapi Go dan kawan-kawan tidak gentar karena mereka memiliki latar belakang bela diri yang sangat mengagumkan.

Di akhir film, ending yang disajikan sesuai dengan harapa kita. Orang baik akan mengalahkan orang jahat.

Kredit Film

Sutradara:
Lee Byeong-Hun
Penulis: Bae Se-Young dan Lee Byeong-Hun
Genre: Comedy
Durasi: 111 menit

Pemain

Nama Peran
Ryoo Seung-Ryong Ketua Go
Lee Ha-Nee Jang
Jin Seon-Kyu Ma
Lee Dong-Hwi Young Ho
Gong Myung Jae Hoon
Shin Ha-Kyun Lee Mo-Bae
Oh Jung Se Ted Chang
Kim Eu-Sung Kepala Polisi
Yang Hyun-Min Hong Sang-Pil

About Redaksi

Check Also

Dark Phoenix (2019) – Setiap Pahlawan Memiliki Sisi Gelap

Tahun 1975, Jean kecil dan keluarganya berada dalam sebuah mobil. Jean yang berumur 8 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *