Breaking News

Dark Phoenix (2019) – Setiap Pahlawan Memiliki Sisi Gelap

Sinopsis film Dark Phoenix (2019)Tahun 1975, Jean kecil dan keluarganya berada dalam sebuah mobil. Jean yang berumur 8 tahun memiliki kekuatan gaib yang dapat mengendalikan sesuatu dengan pikirannya. Jean dan ibunya sempat bersitegang karena masalah lagu yang mereka sukai. Ibunya menyukai lagu klasik dan Jean malah memutar lagu kekinian dengan kendali pikirannya. Di luar kontrol, kekuatan Jean malah membuat mereka celaka. Pikiran Jean membuat ibunya yang sedang menyetir mobil kehilangan kesadarannya. Tiba-tiba mobil mereka menabrak sebuah mobil lainnya yang melaju kencang. Mobil yang ditumpangi Jean dan keluarganya terpental. Ibu dan ayah Jean terluka parah. Bahkan ibunya tewas di tempat. Namun Jean tidak tergores sedikit pun karena dia sebuah kekuatan yang ada di dalam tubuhnya melindungi dirinya.
Di rumah sakit, Profesor Charles berdiskusi dengan seseorang. Charles ingin membawa Jean kecil ke sekolah yang didirikannya, yaitu X-Men, sebuah tempat yang menampung para mutan. Charles melihat seorang pahlawan masa depan pada diri Jean. Dia pun berusaha meyakinkan Jean agar bergabung bersama sekolahnya itu. Jean bukan seorang anak kecil yang berbahaya. Tubuh dan jiwa Jean tidak rusak, namun dia harus mampu mengelola sebuah potensi kekuatan dalam dirinya untuk tujuan kebaikan. Dan kalau bisa kekuatan itu akan dapat menolong manusia. 
Beberapa tahun kemudian, tepatnya di tahun 1995, saat NASA menerbangkan sebuah pesawat ke luar angkasa, pesawat itu mengalami kerusakan akibat suar matahari. Beberapa pilot NASA terancam nyawanya. Presiden Amerika menghubungi Profesor Charles yang segera mengirimkan para mutan yang dipimpin oleh Raven ke sana untuk menolong jiwa para pilot NASA. Ikut dalam misi berbahaya itu adalah Jean.
Saat mereka semua berhasil menolong para pilot dan membawa ke kapal penyelamat, mereka tidak menemukan sang kapten pilot. Dia masih terjebak di pesawat NASA. Suar matahari semakin mendekat dan akan menghancurkan apa pun yang dilaluinya. Saat itulah Profesor Charles meminta Jean untuk menghentikan laju suar matahari dengan kekuatannya. Dia bersama Peter dan Kurt menuju ke sana. Mereka memang berhasil menjemput sang kapten, tapi Jean masih berada di dalam pesawat NASA. Naas baginya karena suar matahari telah menyerangnya. Namun Jean malah menyerah energi dari suar matahari itu. Dengan sisa kekuatannya, suar matahari berhasil diserap semua. Apa yang terjadi selanjutnya? Semua energi suar matahari telah menyatu dengan tubuh Jean dan dia tidak menyadarinya bahwa kekuatannya bertambah berkali-kali lipat.
Jean kembali bersama para X-Men dan misi mereka berhasil. Keberhasilan itu menuai pujian dari masyarakat Amerika. Dan Profesor Charles memperoleh penghargaan. Tapi pada saat bersamaan, ketika para X-Men sedang berpesta pora, Jean di luar kendali membuat panik para X-Men. Kekuatan besarnya muncul tiba-tiba dan tak seorang pun mampu mengendalikannya. Bahkan Profesor Charles pun dibuat kewalahan. Cebro Profesor Charles juga tidak mampu mengendalikan kekuatan besar Jean. Malah Jean melihat masa lalu yang kelam. Masa lalu yang membuatnya sadar bahwa dirinya adalah bencana besar bagi keluarganya. Dia akhirnya tahu bahwa ayahnya masih hidup. Selama ini Profesor Charles menyimpan rahasia itu. Nah, di sinilah Jean merasa murka. 
Dia meninggalkan X-Men dan mencari ayahnya. Betapa kagetnya dia ketika bertemu sang ayah. Tapi sang ayah menyambutnya dengan dingin. Dia melihat isi rumah dan tak melihat satu pun foto dirinya. Tahulah dia bahwa ayahnya tidak menginginkan Jean karena dia dianggap sebagai perenggut nyawa ibunya. Tiba-tiba para X-Men datang menjemputnya. Di luar kendali dan emosi, kekuatan Jean muncul dan Jean menyarankan para X-Men untuk kembali. Para X-Men hanya ingin menjemput Jean, tapi Jean masih kesal kepada Profesor Charles karena telah menipu dirinya. 
Polisi datang karena ada laporan kekacauan. Keadaan bertambah kacau dan runyam. Para polisi dilumpuhkan oleh Jean karena mengancam dirinya. Para X-Men pun dibuat kewalahan. Raven berusaha membujuk Jean, tapi dia malah menjadi korban. Tanpa sengaja kekuatan besar Jean membuat Raven terpental dan tubuhnya tertusuk oleh benda tajam mengenai jantungnya. Raven tewas dan Jean merasa bersalah. Dia pun pergi meninggalkan X-Men. Anggota X-Men merasa kehilangan Raven, terutama Hank atau The Beast. Dia sangat mencintai Raven. 
Jean menemui Erik atau Magneto di sebuah pulau. Jean meyakini bahwa Erik bisa menolongnya. Tapi Erik tidak bisa berbuat apa pun. Apalagi saat militer datang ke pulau itu untuk menangkap Jean yang malah mengeluarkan kekuatannya untuk melumpuhkan para militer itu. Erik terpukau dengan kekuatan Jean dan tahu bahwa kekuatan itu sangat besar. Karena dianggap berbahaya bagi komunitasnya, Erik mengusir Jean. 
Pada saat bersamaan, makhluk alien yang ingin mengambil kekuatan suar matahari datang ke bumi. Mereka melacak keberadaan kekuatan itu. Dan ketika mereka tahu bahwa kekuatan itu berada di tubuh Jean, mereka pun berusaha mencari keberadaan Jean dan membujuk Jean untuk bergabung bersama mereka. 
Hank datang menjumpai Erik. Saat Erik tahu apa yang telah dilakukan Jean kepada Raven, Erik marah besar. Dia pun ingin mencari Jean dan berniat untuk membunuhnya. Keinginan itu diketahui oleh para X-Men. Mereka pun sama-sama mencari Jean dengan tujuan yang berbeda. Erik mencari Jean untuk dibunuh. X-Men mencari Jean untuk diselamatkan jiwanya. Dan ada satu lagi, para alien mencari Jean untuk memanfaatkan kekuatan Jean. 
Para alien berhasil meyakinkan Jean untuk bergabung bersama mereka. Jean merasa nyaman bersama mereka. Tapi Erik dan Charles yang mengetahui keberadaan Jean saling bertemu dan bertarung. Erik akhirnya bertemu Jean. Mereka bertarung dan bisa ditebak, Erik kalah dan hampir mati. Saat Charles tiba di sana, dia berusaha mengendalikan pikiran Jean. Charles berhasil membawa Jean ke masa lalu dan akhirnya mengetahui kebenaran. Saat Jean menyadari kesalahannya, pimpinan alien pun kembali membujuknya. Tapi Jean tidak ingin lagi bersama mereka dan rela menyerahkan kekuatan suar matahari kepada pimpinan alien. Saat proses penyerahan kekuatan itu, Charles dan Scott atau Cyclops berhasil menyadarkan Jean bahwa alien itu akan menghancurkan kehidupan manusia.
Selanjutnya pertarungan terjadi antara alien dan para X-Men yang dibantu oleh Erik. Mereka berhasil mengalahkan para alien dan Jean kembali ke pangkuan X-Men.
Pemain
Nama Peran
James McAvoy Profesor Charles Xavier
Michael Fassbender Erik Lehnsherr / Magneto
Jennifer Lawrence Rave / Mystique
Nicholas Hoult Hank McCoy / Beast
Sophie Turner Jean Grey / Phoenix
Tye Sheridan Scott Summers / Cyclops
Alexandra Shipp Ororo Munroe / Storm
Evan Peters Peter Maximoff / Quiclsilver
Kodi Smit-McPhee Kurt Wagner / Nightcrawler
Jessica Chastain Vuk
Scott Shepherd John Grey
Ato Essandoh Jones
Brian d’Arcy James Presiden Amerika
Halston Sage Dazzler
Lamar Johnson Match

Detil Film
Sutradara Simon Kinberg
Genre Action, Adventure, Sci-Fi
Durasi 113 menit
Rilis 7 Juni 2019
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Studio 20th Century Fox
Rating IMDB 6.0

Catatan: cover film diambil dari situs IMDB

About Redaksi

Check Also

Parasite / Gisaengchung (2019) – Kekeluargaan yang Salah Tempat

Film ini mengisahkan tentang dua keluarga yang berbeda. Keluarga pertama adalah keluarga miskin yang dikepalai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *