Breaking News

Crypto (2019) – Ketakutan Adalah Mata Uang Utama

Crypto adalah film Amerika Serikat produksi tahun 2019 yang disutradarai oleh John Stalberg Jr. Film yang dirilis pada tanggal 12 April 2019 ini bercerita tentang pencucian uang melalui mata uang kripto. Kejahatan ini melibatkan petinggi sebuah bank dengan memanipulasi transaksi keuangan dalam jumlah besar. Seorang bankir menemukan jejak keuangan yang mencurigakan di sana. Tapi, dia malah diincar oleh mafia Rusia karena dianggap mengganggu bisnis pencucian uang mereka.

Review film Crypto (2019)
Cover film Crypto (2019). Foto: IMDB.

Detil Film

Sutradara: John Stalberg Jr.
Penulis: Carlyle Eubank, David Frigerio, dan Jeff Ingber
Genre: Crime, drama, thriller
Durasi: 105 menit
Negara: Amerika Serikat
Bahasa: Inggris
Studio: Lionsgate
Rating IMDB: 5.0

Pemain

Nama
Peran
Beau Knapp
Martin
Alexis Bledel
Katie
Luke Hemsworth
Caleb
Kurt Russel
Ayah Martin dan Caleb
Cat Alter
Amy
Annale
Cindy
Sean Cullen
Bernard
Zac Weinstein
Drew
Marsha Dietlein
Janice
Vincent Kartheiser
Ted
Rocky Frigerio
Molly
Jeremie Harris
Earl
Jill Hennessy
Robin
Richard Lounello
Agen Dixon
Mareli Miniutti
Anna
Malaya Rivera Drew
Penelope

Jalan Cerita

Martin adalah seorang bankir muda yang sukses dan profesional. Suatu hari, dia dipanggil oleh atasannya, Robin. Kabar buruk harus diterima oleh Martin di mana dia telah ditugaskan di kota kelahirannya. Tugas ini sebenarnya membuat dirinya kesal karena dia telah berusaha untuk melupakan kota kelahirannya. Ada kenangan buruk di sana.

Mau tidak mau Martin harus menerimanya. Dia melakukan perjalanan panjang menuju tempat barunya. Setiba di kota kelahirannya, orang pertama yang ingin dijumapainya adalah Earl yang telah meneruskan usaha market ayahnya. Di sebuah ruangan khusus, Earl memperlihatkan pada Martin sebuah alat penambang bitcoin. Dia menjadi seorang trader cryptocurrency sukses. Mereka berdiskusi alot tentang bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Martin telah menempati ruangan baru. Pegawai lama, Janice telah mengajukan permohonan pensiun dini dengan alasan kesehatan. Martin membuka dokumen-dokumen lama Janice dan melanjutkan tugasnya untuk melihat data-data transaksi mencurigakan. Janice tidak menyimpan banyak informasi di sana. Melalui Drew, kawan kecil Martin yang bekerja di sana, Martin memperoleh petunjuk tentang keberadaan Janice. Dia harus melakukan wawancara kecil dengan Janice untuk memudahkan kerjanya dalam melakukan investigasi keuangan.

Di sebuah bar, Martin berkenalan dengan seorang perempuan cantik bernama Katie. Dia terpesona dengan Katie. Begitu juga sebaliknya. Katie malah mengajak Martin untuk makan siang bersama dan saling mengenal lebih jauh satu sama lainnya.

Suatu hari, Martin membuka-buka dokumen di ruang kerjanya dan menemukan catatan transaksi yang mencurigakan. Dia menemui Janice di rumahnya. Tidak banyak petunjuk yang ditemukan oleh Martin kecuali sebuah kata Carcasse. Martin tidak menemukan apa-apa mengenai Carcasse itu. Dalam sebuah dokumen, Martin menemukan sebuah perusahaan yang mencurigakan dalam melakukan pencucian uang. Perusahaan itu milik Ted. Lalu Martin menjumpai Ted di kantornya. Martin mengingatkan Ted, tapi Ted malah melakukan intimidasi dengan menyudutkan keluarga Martin.

Setelah mendengar rencana ayah Martin untuk menjual tanah pertanian keluarga dari Ted, Matin menjumpai ayahnya. Mereka bersitegang dan saling menyalahkan perihal kematian ibu Martin. Keesokan harinya, sebuah berita mengejutkan perasaan Martin. Janice telah mati. Kematiannya seolah-olah melibatkan Martin. Peristiwa itu sebenarnya untuk memperingatkan Martin agar tidak bertindak lebih jauh. Orang-orang yang dekat dengan Martin akan diintimidasi oleh mafia Rusia.

Earl menemukan jawaban dari teka-teki Carcasse. Itulah adalah sebuah jaringan pencucian uang dengan menumpuk mata uang kripto. Kejahatan perbankan ini justru dilakukan oleh orang dalam. Earl meretas email-email yang berhubungan dengan hal itu. Ketika Earl menemukan bukti yang sangat kuat tentang kejahatan pencucian uang, Earl dibunuh oleh mafia Rusia. Tokonya dibakar seolah-olah Earl mati karena kebakaran. Sebelum Earl mati, dia mengirimkan sebuah chip yang berisi data-data penting. Chip dikirim kepada Martin.

Ketika Martin berada di hotel, abangnya Caleb menelpon. Dia mengatakan bahwa ayahnya telah diculik oleh kelompok mafia Rusia. Dia akan dibebaskan jika Martin menyerahkan chip yang berisi data-data penting itu. Caleb marah besar. Sebagai mantan prajurit pada Perang Irak, Caleb mengambil senjatanya dan bersiap untuk menyelamatkan ayah mereka. Tapi Martin mencegahnya. Mereka harus menyusun rencana yang matang untuk menyelamatkan ayah mereka.

Martin bertemu dengan mafia Rusia di tempat yang telah ditentukan. Mereka melepas ayah Martin setelah dia melemparkan chip itu. Ketika mafia Rusia itu hendak mengancam, Caleb muncul dari tempat persembunyiannya. Mafia Rusia berlari ketika agen FBI datang. Martin melihat Katie di sana. Ternyata, Katie yang selama ini dikenalnya adalah agen FBI yang sedang menyamar.

Setelah peristiwa tersebut, Martin mengundurkan diri dari pekerjaannya. Apalagi setelah dia mengetahui atasannya, Robin terlibat dalam kejahatan pencucian uang. Martin akhirnya menetap di kampung halamannya bersama Caleb dan ayahnya. Martin akhirnya meneruskan usaha Earl. Dia melakukan penambangan bitcoin dan menjadi trader mata uang kripto. []

About Redaksi

Check Also

Dark Phoenix (2019) – Setiap Pahlawan Memiliki Sisi Gelap

Tahun 1975, Jean kecil dan keluarganya berada dalam sebuah mobil. Jean yang berumur 8 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *