Breaking News

Bumblebee (2018) – Robot Mobil Kuning Rasa Lebah

Bumblebee merupakan film action Amerika tahun 2018 yang berpusat pada karakter Transformers dengan nama yang sama. Ini adalah film keenam seri Transformers. Film disutradarai oleh Travis Knight dan ditulis oleh Christina Hodson, bintang film Hailee Steinfeld, John Cena, Jorge Lendeborg Jr., John Ortiz, Jason Drucker, dan Pamela Adlon, dengan Dylan O’Brien, Angela Bassett, Justin Theroux, dan Peter Cullen di peran suara. Ini adalah film Transformers pertama yang tidak disutradarai oleh Michael Bay, dan debut sutradara live-action pertama Knight. Dalam film ini juga terdapat karakter-karakter Bumblebee, Optimus Prime, Ironhide, Ratchet, Arcee, Wheeljack, Starscream, Shockwave, dan Soundwave.

Bumblebee ditayangkan perdana di Berlin pada 3 Desember 2018, dirilis di Amerika Serikat pada 21 Desember 2018, dan meraup lebih dari $ 459 juta di seluruh dunia. Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus, yang memuji tindakan dan kinerja Steinfeld, serta setting tahun 1980-an yang sarat nostalgia.

Review film Bumblebee
Pre sekuel Transformers, Bumblebee dengan seting tahun 1980-an, sumber: IMDB

Sutradara: Travis Knight

Skenario: Christina Hodson

Pemain: Hailee Steinfeld, Jorge Lendeborg Jr., John Cena, Jason Drucker, Pamela Adlon, Stephen Schneider,  Ricardo Hoyos, John Ortiz, Glynn Turman, Len Cariou

Genre: Action, adventure, science fiction, fantasy

Durasi: 114 menit

Rating IMDB: 7.0

SINOPSIS

Cybertron diserang oleh pasukan Decepticons. Kota Cybertron di bawah pimpinan Optimus Prime berusaha meladeni pasukan Decepticons yang dipimpin oleh Soundwave dan Shockwave. Pasukan musuh terlalu kuat! Para Autobot kewalahan menghadapi serangan tersebut. Tiba-tiba sebuah Autobot dengan kode B-127 ikut membantu Optimus Prime. Tapi sayangnya, pasukan musuh berhasil menghancurkan tiang penyangga Cybertron. Optimus Prime kemudian memasukkan B-127 ke dalam kapsul, dan mengirimkannya ke Bumi. B-127 melihat dengan mata sendiri kehancuran Cybertron dan Optimus Prime.

B-127 mendarat di bumi sekitar tahun 1987. Ia mendarat di tengah-tengah hutan yang digunakan oleh pasukan pemerintah untuk latihan tempur. Jatuhnya B-127 ke Bumi tentu mengagetkan pasukan tersebut. Pemimpin pasukan, Kolonel Jack Burns menganggap B-127 sebagai musuh. Mereka pun menyerang B-127. Karena diserang beruntun, B-127 melarikan diri.

Keberadaan B-127 diketahui oleh Blitzwing yang muncul entah dari mana. Keduanya bertempur! Di sela-sela pertempuran, pasukan Kolonel Jack Burns menyerang mereka secara membabi buta. Blitzwing menghancurkan mereka dan mendesak B-127 untuk memberitahukan keberadaan Optimus Prime. B-127 memilih diam dan Blitzwing menghukumnya dengan menarik alat suaranya. Kelengahan Blitzwing dimanfaatkan B-127 yang berhasil menghancurkan musuhnya. B-127 kelelahan dan memindai Volkswagen Beetle 1967.

Sementara itu, seorang remaja perempuan yang bernama Charlie Watson menjadi remaja yang trauma dengan kematian ayahnya, dan membenci ibunya Sally karena menikah terlalu cepat dengan pacar baru bernama Ron. Charlie menemukan Volkswagen Beetle berwarna kuning di tempat sampah milik Hank, yang lalu memberikannya sebagai hadiah ulang tahun ke-18. Ketika mencoba untuk menghidupkannya, Charlie tanpa sadar mengaktifkan sinyal homing yang dideteksi oleh Decepticons Shatter dan Dropkick ketika mereka menginterogasi dan mengeksekusi Autobot Cliffjumper di salah satu bulan Saturnus. Pasangan ini menuju ke Bumi, di mana mereka mendapatkan bentuk kendaraan Bumi dan berpura-pura menjadi penjaga perdamaian, membujuk Dr. Powell dan seluruh Sektor 7, meskipun berselisih dengan Burns, untuk membantu mereka menemukan dan menangkap B-127, yang mereka klaim sebagai buron dan seorang pengkhianat.

Charlie membawa pulang Volkswagen Beetle ke rumahnya. Dia memperbaikinya tapi tiba-tiba mobil itu berubah menjadi B-127. Kaget dengan keadaan tersebut, Charlie berusaha mendekati B-127. Mereka pun berteman dan Charlie menamai B-127 dengan “Bumblebee” karena ia lebih menyerupai seekor lebah kuning.

Sementara itu, pasukan Decepticons Shatter dan Dropkick diutus ke Bumi untuk menangkap Bumblebee setelah keberadaanya diketahui. Tapi, mereka kesulitan menemukan detil lokasi Bumblebee. Mereka sangat licik dengan memanfaatkan sumber daya militer setelah sebelumnya dibujuk oleh Dr. Powell kepada pihak yang berwenang. Sebagai ilmuwan, Powell memiliki insting bahwa Shatter dan Dropkick merupakan jalan bagi Bumi untuk berhubungan dengan angkasa luar. Selain itu melihat potensi dari mereka untuk bisa mengembangkan senjata mutakhir. Namun, Shatter dan Dropkick lebih licik lagi.

Dengan memanfaatkan satelit militer, pasukan Decepticons itu berhasil menemui Bumblebee. Tanpa perlawan, mereka berhasil menangkap dan menginterogasi Bumblebee. Sikap Shatter dan Dropkick semakin di luar kendali ketika Bumblebee tetap diam. Dr. Powell malah dibunuh dengan alasan yang tidak jelas.

Bumblebee tidak sadarkan diri ketika disiksa oleh Shatter. Charlie menyetrum Bumblebee sehingga dia hidup kembali, dan berhasil mengembalikan ingatannya. Setelah berjuang melewati rintangan Burns dan berupaya mengamankan Bumblebee dengan bantuan Memo, Sally, Ron, dan Otis, Charlie dan Bumblebee berangkat untuk mencegah Shatter dan Dropkick menghubungi Decepticons lain dengan menggunakan menara radio di pelabuhan terdekat. Burns juga membantu dan membela Charlie.

Helikopter Burns ditembak jatuh oleh Shatter, tetapi Burns diselamatkan oleh Bumblebee. Sementara Bumblebee bertarung dengan Dropkick, ia mengikatnya dengan rantai, menjerat sistemnya ketika ia berubah dan Bumblebee merobeknya. Charlie menonaktifkan suar Decepticon, menyebabkan Shatter marah dan mengejarnya. Bumblebee menghancurkan dinding bendungan, yang menyebabkan banjir sehingga kapal kargo menghancurkan Shatter dan berhasil membunuhnya. 
Bagaimana endingnya? Apakah Bumblebee berhasil bertemu kembali dengan Optimus Prime? Nonton aja langsung Bumblebee, dijamin seru!!!
Kritikan
  • Film-film “Transformers” berganti-ganti antara ekstasi dan kebodohan, tapi “Bumblebee” secara konsisten menjadi perantara (Richard Brody, New Yorker)
  • Film ini bekerja dengan baik karena kedalaman kinerja Steinfeld. Kami tidak melihat karakter yang lebih baik dari ini di salah satu film Transformers lainnya (James Berardinelli, RealViews)
  • Bayangkan jika John Hughes membuat film Transformers. Atau: Pikirkan E.T., tetapi dengan onderdil mobil (David Fear, Rolling Stone)

About Redaksi

Check Also

Dark Phoenix (2019) – Setiap Pahlawan Memiliki Sisi Gelap

Tahun 1975, Jean kecil dan keluarganya berada dalam sebuah mobil. Jean yang berumur 8 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *