Breaking News

Before the Coffee Gets Cold (2018) – Sebelum Kopi Menjadi Dingin

Before the Coffee Gets Cold (2018) adalah film Jepang yang berjudul asli Kohi ga Samenai Uchi Ni. Film yang disutradarai oleh Ayuko Tsukahara ini dirilis pada tanggal 21 September 2018. Film ini berkisah tentang sebuah kafe yang didesas-desuskan oleh orang-orang dapat memutar kembali waktu di masa silam. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan oleh orang-orang yang ingin kembali ke masa lalu mereka.

Review film Before the Coffee Gets Cold (2018)
Cover film Before the Coffee Gets Cold. Foto: IMDB.

Detil Film

Judul Asli: Kohi ga Samenai Uchi Ni atau Cafe Funiculi Funicula
Sutradara: Ayuko Tsukahara
Penulis: Toshikazu Kawaguchi
Genre: Adventure, sci-fi
Durasi: 116 menit
Negara: Jepang
Bahasa: Jepang
Rating IMDB: 7.2

Pemain

Nama
Peran
Kasumi Arimura
Kazu Tokita
Kentaro Ito
Ryosuke Shintani
Haru
Fumiko Kiyokawa
Kento Hayashi
Goro Katada
Motoki Fukami
Nagare Tokita
Wakana Matsumoto
Kumi Hirai
Hiroko Yakushimaru
Kayo Takatake
Yo Yoshida
Yaeko Hirai
Yutaka Matsushige
Yasunori Fusaki
Yuriko Ishida
Wanita dengan pakaian musim panas

Sinopsis

Kazu Tokita adalah gadis yang bekerja di sebuah kedai kopi atau yang dikenal dengan Cafe Funiculi Funicula milik pamannya, Nagare Tokita. Kedai kopi itu memiliki pelanggan tetap setiap harinya. Keunikan kedai kopi itu adalah di kursi tertentu, orang dapat kembali ke masa lalu mereka sesuai dengan keinginan mereka. Hanya orang-orang yang pernah mengunjungi kedai kopi itu sebelumnya yang dapat kembali ke masa lalu. Dan juga, hanya satu kursi saja yang dapat membuat orang kembali ke masa lalu, sedangkan kursi-kursi lain tidak bisa. Apabila ada orang yang menempati kursi itu, maka dia harus menunggu sampai kursi itu kosong. Setelah berada di kursi itu, kita harus minum kopi yang dihidangkan. Apabila kopi sudah menjadi dingin, maka waktu mereka di sana akan habis dan mereka akan kembali ke masa sekarang.

Setiap pelanggan sangat ingin duduk di kursi itu untuk kembali ke masa lalu dan menyampaikan hal-hal yang belum sempat mereka sampaikan. Misalnya saja Kumiko. Di kafe itu sebelumnya, Kumiko dan pacarnya, Goro Katada sempat berdebat karena Goro ingin pergi ke Amerika Serikat. Kumiko tidak setuju dengan kepergian itu. Jadi, dia ingin kembali ke masa lalu untuk menyampaikan bahwa dia sangat mencintai Goro. Kumiko menunggu kursi itu kosong. Kursi itu selalu ditempat oleh wanita yang berpakaian musim panas. Kazu dan pelanggan lain menganggap bahwa wanitu itu adalah hantu dan dia sedang terjebak di masa lalu.

Ketika wanita aneh itu pergi ke toilet, Kazu mempersilakan Kumiko untuk duduk di kursi itu dan dia meneyediakan secangkir kopi yang masih panas. Kumiko harus minum kopi itu dan harus kembali ke masa kini sebelum kopi menjadi dingin.

Kumiko kembali ke masa lalunya dan dia berada di kafe bersama pacarnya. Waktu yang singkat itu dimanfaatkan Kumiko untuk menyampaikan perasaannya kepada Goro. Tapi seperti aturan yang telah ditentukan bahwa hal itu tidak akan mengubah apa pun di masa kini. Namun, Kumiko lega hatinya karena telah menyampaikan keinginannya.

Di kafe itu, ada seorang pemuda bernama Ryosuke Shintani yang menjadi pelanggan tetap. Shintani menyukai Kazu. Pada suatu hari, Shintani sedang menyebarkan brosur acara di kampusnya. Kazu tertarik pada sebuah agenda acara yang menyebabkan hubungan Kazu dan Shintani lebih akrab. Mereka pun akhirnya berpacaran.

Setiap hari, ada saja pelanggan yang ingin kembali ke masa lalu. Ada seorang laki-laki tua yang bernama Yasunori Fusaki yang juga ingin ke masa lalu untuk mengetahui kondisi istrinya. Memang, Fusaki mengalami masa-masa sulit ketika istrinya mengalami sakit yang menyebabkan ingatannya rapuh. Bahkan istrinya tidak mengeal Fusaki sebagai suaminya. Namun, setelah kembali ke masa lalu, Fusaki menyadari betapa besar cinta istrinya kepada Fusaki. Dan dia pun merawat istrinya dengan sangat baik.

Selain itu, ada juga pelanggan kafe yang selalu bersembunyi dari adiknya. Yaeko Hirai memiliki masalah dalam keluarganya. Dia kabur dari rumah dan memilih untuk hidup sendiri. Kumi Hirai adiknya selalu mencari kakaknya di kafe itu. Dia sangat ingin mengajak Yaeko untuk kembali ke rumah, tapi Yaeko menghindar dari Kumi. Setelah Yaeko kembali ke masa lalunya dan melihat kegigihan Kumi dalam mencarinya, Yaeko sadar bahwa Kumi sangat berharap agar kakaknya kembali.

Hubungan Kazu dan Shintani semakin akrab. Kazu hamil dan mengandung anak Shintani. Namun Kazu merasa sedih. Tiba-tiba Kazu ingin kembali ke masa lalu untuk bertemu dengan ibunya. Orang yang bisa membuatnya kembali ke sana adalah perempuan yang memiliki hubungan keluarga dengan Kazu. Dialah yang membuatkan kopi untuk Kazu.

Beberapa waktu kemudian, seorang gadis kecil muncul dari masa depan. Dia mengaku sebagai orang dekat dengan Kazu (pada kenyataannya dia adalah anak perempuan Kazu). Gadis kecil itu membuatkan Kazu kopi panas. Kazu kembali ke masa lalunya dan bertemu dengan ibunya. Siapakah ibunya? Ternyata perempuan hampa yang berbaju musim panas itu adalah ibunya. Perempuan yang dianggapnya sebagai hantu selama ini. []

About Redaksi

Check Also

Men in Black: International (2019) – Dunia Tidak Akan Mementingkan Dirinya Sendiri

Agen H dan Agen High T menjalankan sebuah misi pembasmian alien di Paris. Seorang alien …

2 comments

  1. Maaf siapa yg menghadirkan Miki? sedangkan kopi hanya bisa d buat oleh Kazu dan Kazu baru datang ke toko pada jam 8 ?

  2. Mikki di hadirkan oleh Kazu dan Shintaki di masa depan. Jadi mereka berdua mengirim Kazu ke masa lalu (masa kini), untuk membuatkan kopi untuk ibunya, sehingga Kazu bisa kembali ke masa lalu dan bertemu ibunya. Kemudian, Mikki kembali ke masa depan. Jadi, Mikki ini anaknya si Kazu dan Shintaki pas udah gede

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *