Breaking News

A or B (2018) – Sebuah Pilihan Menentukan Nasib

A or B adalah film Mandarin yang berjudul asli Mu hou wan jia. Film ini disutradarai oleh Pengyuan Ren dan diperankan oleh Zheng Xu dan Likun Wang. Film ini berkisah tentang seorang investor kaya raya yang diculik dan harus memainkan game dengan pilihan A atau B. Film ini dirilis di China pada tanggal 28 April 2018.

Review film A or B (2018)
Cover A or B. Foto: IMDB.

Kredit Film

Sutradara: Pengyuan Ren
Penulis: Pengyuan Ren
Genre: Mystery, thriller
Durasi: 114 menit
Studio: CMC Pictures
Rating IMDB: 5.4

Pemain

Nama
Peran
Zheng Xu
Zhong Xionian
Likun Wang
Simeng Wei
Bowen Duan
Tian Yu
Yanhui Wang
Tang Wanyuan
Zhu Zhu
Zhuang Yi
Da Zhao
Zhu Nan
Simon Yam
Zheng Guangwen
Hewei Yu
Liu Wenshi

Jalan Cerita

Di sebuah tempat sauna, Zhong Xionian dan kawan-kawannya telah merencanakan sesuatu yang jahat. Dia akan mengatur harga-harga saham yang dapat dibeli oleh rekannya dengan harga yang murah. Mereka memilih tempat sauna agar tidak ada yang mengetahui rencana tersebut, kecuali mereka.

Zhong Xionian adalah seorang investor yang kaya raya dan sukses. Keuangannya melejit pesat dengan menguasai saham-saham yang menguntungkan. Zhong yang kaya tentu memiliki banyak musuh. Ketika karirnya terus melonjak, beberapa pialang saham justru sedang merugi. Ada sebuah permainan pasar saham yang membuat pengusaha-pengusaha lain jatuh. Zhong berada di balik permainan saham itu. Orang-orang yang rugi merasakan frustasi Seorang pengusaha bahkan terjun dari gedung lantai atas karena tidak saham-sahamnya jatuh ke jurang dasar.

Suatu malam, Zhong Xionian menghadiri acara lelang. Dia berhasil mendapatkan sebuah cincin yang akan dihadiahkan kepada istrinya, Simeng Wei. Hubungan mereka selama ini sedang berada di ambang kehancuran. Simeng Wei mengajukan cerai karena sikap Zhong Xionian yang kerap mengabaikan dirinya. Simeng Wei tidak butuh kekayaan, dia lebih butuh perhatian. Isu hubungan Zhong Xionian dengan Zhuang Yi juga menjadi salah satu alasan Simeng Wei ingin bercerai.

Zhong Xionian pulang ke rumah dengan membawa cincin berlian hasil pelelangan. Betapa terkejutnya ketika dia mendapati rumah sedang kosong. Simeng Wei tidak berada di sana. Karena kelelahan, Zhong Xionian pun tertidur. Keesokan harinya, Zhong Xionian bangun. Dia mengecek brankasnya dan betapa kagetnya dia menemukan brankasnya dalam keadaan kosong. Padahal semalam dia membuka brankas, masih ada sesuatu di dalamnya. Zhong Xionian juga menemukan keanehan di kamarnya. Dia berusaha keluar dari kamarnya, tapi dinding kamarnya telah dibeton. Dia terkurung di dalam kamarnya dan baru menyadari bahwa dia telah diculik.

Penculiknya telah memanipulasi keberadaannya di hadapan publik. Dia telah dituduh melarikan diri keluar negeri setelah melakukan penipuan. Penculiknya juga memberikan permainan kepada Zhong yang harus dijawab karena hanya ada dua pilihan di sana, A atau B. Kedua pilihan sama sulitnya karena menyangkut kehidupan Zhong, Simeng Wei, dan nasib perusahaannya. Zhong mencari bantuan. Melalui sebuah radio, dia mengatur gelombang lain dan dia menemukan sebuah gelombang radio Zheng Guangwen. Zheng awalnya tidak mempercayai cerita Zhong karena menurut kabar Zhong telah melarikan diri keluar negeri karena kasus penipuan.

Zhong berkali-kali meyakinkan Zheng Guangwen. Di luar sana, Zhong Xionian diterpa berbagai macam isu yang menyudutkannya. Simeng Wei harus dirawat di rumah sakit karena kondisinya yang lemah. Selain itu dia juga sedang hamil selama dua bulan. Zhong Xionian berusaha mencari jalan keluar. Akhirnya, Zhong berhasil meyakinkan kembali Zheng. Dia membebaskan Zhong setelah memberi isyarat. Zhong membakar ruangan itu sehingga asap tebal mengepul ke udara. Ketika Zheng melihat asap itu di sebuah daerah pedalaman, Zheng menuju ke sana dan membantu Zhong keluar dari ruangan itu.

Kemudian Zhong mencari petunjuk tentang siapa orang yang menculiknya. Tuduhan-tuduhan kepada lawan bisnisnya gagal menemukan bukti. Bersama Zheng dia terus mencari petunjuk. Dia membawa Simeng Wei ke tempat yang aman dan berjanji kepadanya untuk menemukan bukti-bukti. Namun, penculik Zhong sangat cerdik. Dia kembali memberikan pilihan-pilihan sulit. Simeng Wei, entah bagaimana ditemukan oleh penculik. Dia disekap dan dililitkan bom waktu ke tubuhnya. Zhong yang baru saja mengadakan konferensi pers untuk  menjelaskan tentang kebaradaannya di depan publik, harus mengikuti keinginan penculik. Demi menjaga kehidupan Simeng Wei, Zhong melakukan apa yang diperintahkan oleh penculik.

Zhong Xionian berhasil menemukan keberadaan Simeng Wei. Mereka sekarang berada di atas gedung. Dua-duanya memiliki bom waktu. Sekarang pilihannya ada dua. Menyelamatkan diri Zhong sendiri atau menyelamatkan Simeng Wei. Akhirnya Zhong Xionian memilih untuk menyelamatkan istrinya. Berarti dia harus terjun dari atas gedung dan menarik sumbu peledak untuk meledakkan dirinya. Zhong Xionian melompat dari atas gedung dan menarik sumbu peledak.

Ternyata sumbu itu bukan untuk meledakkan, tapi melepas parasut. Orang yang berada di balik semua itu ternyata adalah Zheng Guangwen yang ingin melakukan balas dendam. Orang yang melompat dari atas gedung di awal cerita adalah ayahnya. Dan penyebab terjadinya hal itu adalah karena ulah Zhong Xionian dan kawan-kawannya yang melakukan pencucian uang dengan memanipulasi harga-harga saham. []

About Redaksi

Check Also

The Wedding Guest (2018) – Jasa Penculikan Calon Pengantin

Jay adalah seorang penculik pengantin. Dia dikontrak oleh seseorang (Deepesh) untuk menculik Samira di Pakistan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *